BREAKINGNEWS.CO.ID-Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Daerah dan Dinas Perdagangan untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako salah satunya dengan melakukan pengecekan stok sembako di setiap daerah serta kesiapan produsen dan distributor. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menanggapi potensi kenaikan harga bahan pokok (sembako) yang terjadi jelang Hari Raya Natal dan tahun baru 2019. 
 
"Untuk menghadapi permintaan yang meningkat saat libur Natal dan tahun baru," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/12/2018). 
 
Bambang pun mendorong Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) untuk meningkatkan pengawasan dengan melakukan sidak, baik ke tempat penyimpanan stok ataupun pasar-pasar untuk menghindari adanya produsen, distributor, ataupun pedagang yang mencari untung dengan menimbun stok bahan pangan. 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Kemendag bersama Pemerintah Daerah dan Dinas Perdagangan untuk melakukan operasi pasar secara berkala sebagai upaya untuk menstabilkan harga bahan pangan di pasaran. 
 
Selain itu Bambang mendorong Satgas Pangan bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Perdagangan untuk melakukan razia makanan baik di pasar tradisional ataupun supermarket, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.
 
"Agar terhindar dari barang kadaluarsa ataupun barang impor tidak layak konsumsi yang ramai beredar saat menjelang libur Natal dan tahun baru," tukasnya.