JAKARTA - Jelang fenomena langka super blue blood moon nanti malam, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh menyiapkan 10 teleskop. Warga Tanah Rencong bisa menyaksikan gerhana bulan itu dengan datang ke kantor tersebut.

Kanwil Kemenag Aceh menjadi salah satu tempat pengamatan gerhana bulan total di Banda Aceh. Di sana, pemantauan akan dilakukan mulai pukul 19.20 WIB sampai selesai. Tempat itu juga dibuka secara umum.

"Insyaallah Kemenag Aceh akan menyiapkan 10 teleskop pengamatan di halaman Kanwil Kemenag Aceh dan terbuka untuk masyarakat umum," kata Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh, dalam keterangan, Rabu (31/1/2018).

Tidak hanya pengamatan gerhana bulan, Kemenag Aceh juga akan melakukan salat gerhana (khusuf), yang bakal diimami Ivan Aulia, dengan khatib Saifullah Yunus.

"Sehubungan dengan peristiwa gerhana bulan, selain pemantauan, juga melaksanakan salat Khusuf di Kanwil, kami juga mengimbau kepada masyarakat Aceh untuk melaksanakan ibadah salat sunah khusuf di masjid, musala, dayah, atau tempat keramaian lainnya pada waktu tersebut di atas, atau dapat dilaksanakan setelah salat isya secara berjemaah," jelas Daud.

Disamping itu, Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Aceh, Hamdan, menyebutkan tim juga akan memasangkan dua teropong di lantai dua kantor dan delapan lagi bakal ditempatkan di halaman kantor.

"Saat ini tim sedang menyiapkan peralatan di lapangan untuk persiapan pengamatan gerhana bulan total besok," jelas Hamdan.

Menurut dia, kemungkinan gerhana terpantau sangat tergantung pada kondisi cuaca. Bila cuaca bagus, gerhana bulan total bisa tampak sejak pukul 19.51 hingga 21.07 WIB.