Austin – Marc Marquez harus bebesar hati menyerahkan pole position GP Amerika yang ditorehkannya pada sesi kualifikasi di Circuit of The Americas, Sabtu (21/4/2018) waktu setempat ke tangan pebalap Yamaha Movistar, Maverick Vinales. Hal itu disebakan karena pebalap asal Spanyol ini dijatuhi mundur tiga grid pada sesi balapan, Minggu (22/4) oleh FIM Stewards.

Pebalap yang berjuluk The Baby Alien tersebut berhasil keluar sebagai polesitter usai membukukan waktu tercepat 2 menit 03,658, sekaligus menegaskan start terdepan enam kali beruntun di Austin. Namun, keberhasilan Marquez merebut pole position diiringi insiden dengan melibatkan Vinales.

Setelah mengalami kecelakaan di Tikungan 13, ia bergegas masuk pit untuk kemudian kembali ke lintasan menggunakan motor kedua. Jelang tiga menit berakhirnya kualifikasi, Vinales terlihat menunjukkan kekesalan terhadap Marquez. Dari tayangan ulang video terungkap, bahwa The Baby Alien rupanya melambat dan menutup racing line ketika rekan kompatriotnya itu tengah melaju pada lap panas di Tikungan 15.

Seusai sesi, Race Direction mengumumkan insiden antara Marquez dan Vinales dalam investigasi. Hasilnya diputuskan pebalap berusai 25 tahun itu dijatuhi tiga grid penalti, yang berarti ia akan start keempat, dengan Vinales menempati pole position.

Menurut kabar yang dilasir oleh Motosport, Marquez dihukum karena bertentangan dengan Pasal 1.21.2 dari Regulasi FIM Kejuaraan Dunia Grand, yakni, “Pebalap harus berkendara secara bertanggung jawab yang tidak menyebabkan bahaya kepada kompetitor atau peserta lain, baik di trek atau di pit lane."

Perubahan grid baris depan, di mana Iannone posisi kedua dan Zarco ketiga, tentu saja sangat menarik. Bagaimana tidak, Marquez bakal berdekatan pada rival beratnya, Valentino Rossi, yang menghuni start kelima.

Sementara itu, MotoGP FIM Stewards juga menginvestigasi Pol Espargaro lantaran mengganggu lap tercepat Thomas Luthi saat sesi Q1 di Tikungan 2. Pebalap KTM itu dihukum alasan serupa Marquez, dan posisinya startnya menjadi dari ke-15.