BREAKINGNEWS.CO.ID – Para pendukung dan keluarga almarhum Abdurrahman Wahid alias Gusdur secara resmi menyatakan dukungan kepada  pasangan calon Joko Widodo - Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Pernyataan untuk berada di belakang calon petahana itu disampaikan  Yenny Wahid   dalam kelompok yang disebut Rumah Pergerakan Politik Gus Dur kepada media, Rabu (26/9/2018) "Dengan ini kami mendukung pasangan nomor urut 01," kata putri keempat almarhum presiden ke empat Indonesia tersebut.

Mengawali pernyataan dukungannya, Yenny membacakan suatu narasi mengenai pemimpin dan kondisi Indonesia saat ini. Yenny mengatakan bahwa Pilpres 2019 adalah proses demokrasi yang akan mengantar mandat rakyat kepada pemimpin yang tepat. Pemimpin, kata Yenny, menggenggam kekuatan untuk membangun rasa bangga sebagai suatu bangsa. "Di tangannya, takdir kita sebagai orang orang merdeka harus terjaga," ujar Yenny.

Yenny lalu mengatakan bahwa pemimpin harus berada sangat dekat dengan rakyat. Kedekatan itu, lanjutnya, hanya bisa dibangun ketika seorang pemimpin mampu berpikir sederhana bahwa tugasnya adalah menghadirkan keadilan dan kesetaraan.  "Keadilan dan kesetaraan dari kesewenang-wenangan sesama warga negara yang sering mengatasnamakan agama," kata Yenny.

"Negara ini adalan negara yang kaya. Penuh dengan anak anak bangsa penuh talenta. Mereka yang punya keinginan untuk mengabdi. Namun semangat mereka sering dihadapkan pada kegetiran proses politik,"ucap Yenny.

 

Sebelumnya, Yenny telah bertemu dengan kedua paslon yang berkontestasi dalam Pilpres 2019. Namun, kala itu Yenny enggan terburu-buru menyatakan sikap.

Yenny mengaku dirinya dan para simpatisan Gus Dur ingin terlebih dahulu melihat visi dan misi yang dimiliki kedua paslon.