New York--Jika Anda salah satu dari jutaan Netizen yang berbelanja di Amazon pada Black Friday, selamat! Anda membantu membuat Jeff Bezos seorang pria asal AS menjadi orang yang memiliki kekayaan hingga  100 miliar dolar AS (sekitar 1,330 triliun rupiah)!

Menurut Bloomberg, Bezos, pendiri dan pemegang saham terbesar Amazon, mencapai tonggak kekayaan 12 digit dolar AS untuk pertama kalinya. Bloomberg , salah satu media di dunia yang melacak kekayaan bersih secara real-time orang-orang terkaya di dunia.  Sementara menurut Forbes, yang juga menyediakan layanan serupa, menunjukkan data jika Bezos telah menorehkan kekayaan hingga, 99,6 miliar dolar AS  (sekitar 1325 triliun rupiah).

Jika dibandingkan dengan APBD DKI Jakarta yang “hanya” berjumlah 77,1 triliun rupiah maka kekayaan Bezos tersebut dapat membiayai Jakarta selama 17 tahun! Sementara jika dibandingkan dengan APBN Indonesia tahun 2017 yang berjumlah 2133 triliun, maka kekayaannya adalah lebih dari separuh anggaran RI.

Saham Amazon (AMZN, Tech30) kini naik 2,5% pada Jumat (24/11/2017) untuk menempatkan Bezos di perangkat orang kaya teratas. Saham mendapat tumpangan dari laporan bahwa belanja online pada Thanksgiving dan Black Friday melonjak 18% dibandingkan tahun lalu. Bezos menghasilkan hampir 2,4 miliar dolar AS (31,9 triliun rupiah) pada hari Jumat saja.

Bezos memiliki 78,9 juta saham Amazon, senilai  93,6 miliar dolar AS (sekitar 1,245 triliun rupiah). Padahal jumlah itu tidak memperhitungkan semua kekayaannya. Termasuk dua perusahaan miliknya yang juga memiliki profil tinggi seperti Washington Post dan Blue Origin, perusahaan yang melayani tour luar angkasa. Dua suku usaha itu diyakini, tak terlalu mendongkrak angka kekayaannya jika dibandingkan Amazon.   

 Saham Amazon naik 58% tahun ini, cukup untuk memperkaya Bezos sekitar 34 miliar dolar AS (sekitar 452 triliun rupiah). Padahal, keuntungannya dalam satu hari sebesar 2,4 miliar (31 triliun) sudah cukup untuk memasukkannya ke dalam daftar Forbes tentang 1.000 orang terkaya di planet ini.

Bezos meraih gelar orang terkaya di dunia pada Juli 2017, saat dia mampu melewati jumlah kekayaan Bill Gates. menurut Forbes dan Bloomberg, Bill Gates, pendiri Microsoft itu kini memiliki kekayaan senilai  89 miliar dolar AS (sekitar 1,184 triliun rupiah),

Gates diyakini satu-satunya orang bisa yang mencapai kekayaan 100 miliar dolar AS. Itu terjadi pada tahun 1999 ketika gelembung saham internet secara singkat membuatnya semakin menonjol.