BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi gagal menginjakan kakinya di podium MotoGP Belanda 2018, yang berlangsung di sirkuit TT Assen, Minggu (1/7/2018) WIB. Pada balapan tersebut The Doctor hanya finis di posisi kelima. Raihan beruk tersebut diakui Rossi akibat aksi pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso yang tak cerdas saat berusaha menyalipnya untuk posisi kedua saat balapan menyisahkan dua lap terakhir.

Rossi sebenarnya mempunyai potensi untuk merebut podium kemenangan dalam balapan tersebut. Memulai Startnya diri grid ketiga, Rossi tampil dengan begitu impresifnya. Bahkan beberapa kali Rossi pun sempat memimpin jalannya.

Namun sayang ia harus kehilangan posisinya usai disalip pembalap Repsol Honda, Marc Marquez ditambah lagi manuver Dovizioso yang terlalu agresif membuat kedua harus terlempat keluar dari lintasan dan kehilangan posisi tiga besar pembalap terdepan pada dua lap tersisa. Akibat aksi tersebut, mereka gagal meraih podium. Rossi menghuni urutan kelima, sedangkan Dovizioso keempat. Adapun peringkat kedua dan ketiga diisi pembalap Suzuki Ecstra, Alex Rins serta tadem Rossi di Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

"Saya yakin sedikit sedih karena sebenarnya bisa meraih podium. Namun, pada akhirnya saya menempati posisi kelima. Saya mencoba untuk tetap stabil dan berpotensi meraih podium pada akhir balapan," kata Rossi.

"Akan tetapi, Dovizioso mencoba menyalip saya di tikungan pertama. Saya sangat kuat dalam pengereman dan sayangnya Dovizioso datang terlalu cepat. Situasi itu membuat saya keluar lintasan. Itu merupakan cara menyalip yang agresif," ujar Rossi.

"Bagi saya, strategi Dovizioso sangat tidak cerdas. Itu karena saya dan Dovizioso bisa meraih tempat kedua dan ketiga. Namun, situasi ini membuat kehilangan banyak hal. Itu memalukan, tetapi seperti inilah hasilnya," tutur Valentino Rossi.

Dengan Raihan finis kelima, Rossi pun harus kembali menjauh dari Marquez di papan klasemen sementara MotoGP. Saat ini Rossi masih berada di urutan kedua dengan raihan 99 poin. Pembalap dengan koleksi sembilan gelar juara dunia Grand Prix tersebut tertinggal 41 poin dari Marquez yang kokoh di puncak klasemen dengan mendulang total 140 poin berkat empat podium kemenengan yang diraihnya pada musim ini.