BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menyampaikan belasungkawa terhadap keluarga korban yang ditinggalkan akibat terjadinya kecelakaan yang melibatkan truk, mobil, dan motor yang terjadi di jalan raya Tegal-Purwokerto, Desa Jatisawit, Kecematan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 
 
"Menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam atas kejadian tersebut, serta berharap agar kecelakaan tersebut tidak terjadi dikemudian hari," ujar Bambang kepada wartawan, Rabu (12/12/2018). 
 
Bambang pun mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Kepolisian untuk melakukan evaluasi pada jalur tersebut dan mencari solusi untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali. 
 
"Mengingat dalam setahun sudah terjadi tiga kali kecelakaan yang menyebabkan 22 orang meninggal dunia," jelasnya. 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk  mengoptimalkan jembatan timbang yang ada, agar kendaraan yang lewat sesuai dengan kapasitas (tonase) yang ditetapkan. 
 
"Menindak tegas supir dan industri yang mengangkut barang melebihi muatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat kelebihan muatan," jelasnya. 
 
Bambang menambahkan, pihaknya mendorong Kemenhub untuk meningkatkan pengawasan terhadap moda transportasi ataupun moda angkutan barang seperti kendaraan truk dan bus, dengan melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan, memeriksa surat-surat, serta keadaan fisik para pengemudi moda transportasi guna mencegah terjadinya kecelakaan.
 
"Mendorong Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Darat bersama dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) untuk memperjelas rambu-rambu yang ada di jalan seperti marka jalan, lampu-lampu jalan, dan larangan bagi kendaraan berat untuk melintasi jalur yang berbahaya," tandasnya.