BREAKINGNEWS.CO.ID - Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan keputusan terhadap kebijakan ganjil-genap akan diperpanjang atau tidak diumumkan pada Kamis (27/12/2018). Keputusan itu berdasarkan masukan atau pendapat yang dihasilkan dari forum grup discussin oleh beberapa pihak terkait.

“Rencana finalisasi di tanggal 27 Desember besok, rapat evaluasi dan penetapan kebijakan lanjutannya, jadi 27 besok akan diputuskan lanjut tidaknya,” kata Sigit di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Sigit mengungkapkan, dalam FGD banyak pendapat yang menyarankan kebijakan ganjil-genap kembali diperpanjang mengingat sisi efektivitas pengguna transportasi umum mengalami peningkatan.

Apabila nantinya keputusan bakal diperpanjang maka tentunya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus kembali membuat peraturan gubernur (Pergub) untuk mengatur mekanismenya. Pasalnya Pergub saat ini hanya berlaku sampai dengan 31 Desember 2018. Artinya, dalam beberapa hari Pergub itu sudah tidak berlaku lagi.

“Iya dong (diperpanjang) otomatis karena pergub 106 tahun 2018 berakhir di tanggal 31 Desember,” ungkapnya.

Tidak hanya Pergub tapi ada beberapa mekanisme yang perlu diubah jika kebijakan pada akhirnya diperpanjang seperti memodifikasi pemberlakuan juga efektivitas penegakan hukum.

“Terkaig simpang terdekat ini dihilangkan supaya tidak ada kegamangan dalam sisi pengguna maupun sisi penegak hukumnya itu sendiri termasuk juga kemungkinan-kemungkinan perluasan kawasan pemberlakukan gagen,” pungkasnya.