BREAKINGNEWS.CO.ID - Perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi telah menggunakan protokol keamanan WP2 yang lawas selama 10 tahun terakhir. Dan kini Wi-Fi Alliance, badan industri yang mengesahkan gadget yang mendukung Wi-Fi, telah memperkenalkan sertifikasi untuk protokol keamanan WP3 yang baru. Dengan kata lain, perangkat Wi-Fi sekarang akan menawarkan protokol keamanan WP3 yang membuat lebih sulit bagi peretas untuk menebak kata sandi Wi-Fi Anda.

Seperti dilansir dari Engadget, Selasa (26/6/2018), protokol WPA3 menambahkan fitur baru untuk menyederhanakan keamanan Wi-Fi dan memberikan peningkatan kekuatan kriptografi. Pengenalan WP3 tidak berarti bahwa perangkat Wi-Fi lama Anda akan berhenti berfungsi. Perangkat berbasis protokol WPA2 yang lebih tua akan terus beroperasi. Keamanan WPA3 hadir dalam dua bentuk, antara lain WPA3-Personal dan WPA3-Enterprise.

Lantas, apa beda WPA3-Personal dengan WPA3-Enterprise?, WPA3-Personal menawarkan autentikasi berbasis kata sandi bahkan ketika pengguna memilih kata sandi yang kurang dari rekomendasi kompleksitas tipikal. WPA3 menggunakan protokol pendirian ‘Simultaneous Authentication of Equals’ (SAE) antar perangkat, untuk memberikan perlindungan yang lebih kuat bagi pengguna terhadap upaya menebak kata sandi oleh pihak ketiga.

Sementara WPA3-Enterprise, menawarkan keamanan setara dengan kekuatan kriptografi 192-bit, sehingga memberikan perlindungan tambahan untuk jaringan transmisi data sensitif, seperti pemerintah atau keuangan. Security suite 192-bit memastikan kombinasi alat kriptografi yang konsisten dikerahkan di seluruh jaringan WPA3.

“WPA3 memimpin dalam memberikan perlindungan terkuat di industri dalam lanskap keamanan yang selalu berubah. WPA3 melanjutkan evolusi keamanan Wi-Fi dan mempertahankan Wi-Fi Protected Access,” kata Edgar Figueroa, Presiden dan CEO Wi-Fi Alliance dalam pernyataan persnya.

Dalam update terbaru ini, Wi-Fi Alliance juga telah memperkenalkan program Easy Connect bersertifikasi Wi-Fi yang bertujuan untuk mengurangi kerumitan perangkat Wi-Fi onboarding dengan antarmuka tampilan yang terbatas atau tidak ada. Wi-Fi Easy Connect memungkinkan pengguna untuk menambahkan perangkat apa pun secara aman ke jaringan Wi-Fi menggunakan perangkat lain seperti smartphone hanya dengan memindai kode respons cepat (QR) produk.