BREAKINGNEWS.CO.ID - Pengamat politik Wempy Hadir berpendapat jika terkait dengan dukungan artis kepada figur calon presiden tertentu sebenarnya biasa saja. Sebab terkadang dukungan yang diberikan oleh artis tersebut tidak selamanya bahwa fans atau follower-nya jika memiliki pilihan politik yang sama.

Hal itu disampaikannya terkait dengan pernyataan artis Lucinta Luna yang mendukung pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Jadi saya kira dampak elektoral dari dukungan artis tidak signifikan. Namun ada pengecualian, jika artis tersebut merupakan artis yang selalu menyuarakan aspirasi rakyat atau seruan moral kepada publik, bisa jadi jauh lebih didengar seruan politik atau bahkan fans bisa mengikuti pilihan politik sang idola tersebut," kata Wempy kepada breakingnews.co.id saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Rabu (31/10/2018).

Untuk itu, dirinya pun mencontohkan sejumlah artis yang juga turut mendukung pasangan capres dan cawapres tertentu. Hal itu disorotinya saat Pilpres 2014 lalu, artis yang dimaksudnya itu yakni Iwan Fals dan grup band Slank.

"Saya ambil contoh, Iwan Fals dan Slank. Ketika mereka menyatakan dukungan politik kepada capres tertentu, maka kecendrungan followernya adalah mengikuti apa yang menjadi pilihan politik idola mereka. Kalau hanya artis biaya dan jauh dari kegiatan yang berbau advokasi kepentingan rakyat, maka tidak bisa diharapkan untuk mendongkrak elektoral capres tersebut. Mungkin saja ada dampak, namun tidak signifikan," terangnya.

Sebelumnya, anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengklaim jika banyak artis yang mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Ia mengatakan tak hanya Lucinta saja yang memberikan dukungan, namun banyak artis lain yang melakukan hal yang sama.

Menanggapi klaim Andre tersebut, Wempy mengatakan apa yang disampaikan oleh politisi Gerindra tersebut hanya sebatas untuk memberikan persepsi kepada publik, terutama kaum milenial.

"Yah, memang apa yang disampaikan oleh Andre Rosiade adalah bagaimana mencoba untuk memberikan persepsi kepada publik terutama kaum milenial bahwa para artis akan mendukung Prabowo. Namun perlu dicatat bahwa kalau hanya artis sinetron yang jauh dari urusan kepentingan rakyat selama ini, maka artis tersebut hanya akan menjadi pemandu sorak dalam tim capres tersebut dan tentunya tidak ada dampak elektoral," ujar Wempy.

"Jadi pada dasarnya, bukan soalnya artis yang mendukung, tapi sejauh mana artis tersebut bisa mempengaruhi pilihan politik para pengikutnya serta masyarakat yang lainnya. Kalau banyak artis mendukung tapi hanya menjadi pemandu sorak, yah jangan terlalu berharap membawa dampak politik," imbuh Wempy.