BREAKINGNEWS.CO.ID - Gerakan Nasional Pengawal Fatwa ( GNPF) resmi mendukung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menanggapi hal itu, bakal cawapres Ma'ruf Amin legawa.

Diakatan ketua MUI itu, ia hanya menyerahkan seluruh keputusan kepada rakyat. "Silahkan, masing-masing. Yang ulama yang mana. Yang ulama benar, yang ulama berkapasitas, di mana? Tinggal umat melihat. Ini ulama siapa? Ini ulama siapa? Tinggal dibandingkan," kata Ma'ruf kepada wartawan di Ponpes Nurul Huda, Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/8/2018).

Ma'ruf Amin tak khawatir. Karena, diakuinya saat ini ia juga mendapatkan dukungan dari ulama. "Nggak ada terpecah (konflik). Kalau sini ulama mendukung saya, (yang juga) ulama. Ulama mendukung ulama, saya kira. Di sana, tidak dukung saya. Tidak masalah. Nggak usah marah. Silakan saja," ucap Ma'ruf.

Ma'ruf Amin berharap, meski ulama tidak bisa bersatu, persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia tidak terpecah. "Yang penting, jaga persatuan. Tidak usah saling memaki. Tidak usah saling menjelekan," kata Ma'ruf.

Di sisi lain, kepastian GNPF mendukung pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dipastikan setelah Prabowo memenandatangani pakta integritas yang diajukan oleh GNPF. Ada 17 poin yang disodorkan, salah satunya tentang kepulangan Habib Rizieq Syihab. Prabowo mengucapkan terima kasih kepada GNPF Ulama atas dukungan yang diberikan yang kedua kalinya, yakni pada Ijtima Ulama I dan Ijtima Ulama II. Prabowo berjanji akan berjuang sebaik mungkin dan menjalankan amanat yang diberikan para ulama dalam Pakta Integritas. "Ini suatu yang mengharukan bagi diri saya. Seluruh jiwa dan raga akan saya persembahkan untuk bangsa dan negara," imbuh Prabowo.

Prabowo lantas mengapresiasi GNPF Ulama mengenai Pakta Integritas yang disodorkan kepadanya. Prabowo mengatakan belasan poin dalam pakta tersebut benar-benar mengutamakan kepentingan umum. "Semuanya adalah demi kepentingan bangsa dan negara. Saya benar-benar menyampaikan penghargaan atas komitmen demi kepentingan bangsa," kata Prabowo.

Sementara itu, ketua GNPF Ulama Yusuf Muhammad Martak, menyatakan pihaknya ikhlas memberikan dukungan kepada Prabowo - Sandiaga. "Insya Allah kita akan sama-sama, semua ulama, pusat dan daerah dengan tulus ikhlas memenangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno," ujar Yusuf.