BREAKINGNEWS.CO.ID  - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P, diwakili Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto memimpin upacara pemberangkatan Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI, Konga XX-Q MONUSCO misi PBB di Kongo, Afrika, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/1/2020). 

Pasukan TNI Satgas Kizi MONUSCO yang akan menggantikan Satgas Kizi TNI Konga XX-P MONUSCO adalah Satgas Kizi TNT Konga XX-Q MONUSCO dengan mainbody pasukan dari Detasemen Zeni Tempur 2/Prasada Sakti, Padang, Sumatera Barat di bawah pimpinan Letkol Czi M.P.Sibuea, S.H., M.Han., sebagai Dansatgas.

Pasukan Satgas Kizi TNI Konga XX-Q  MONUSCO berjumlah 175 personel terdiri dari 153 TNI AD, 17 TNI AL, dan 5 TNI AU. 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanatnya yang dibacakan Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto mengungkapkan, sebagai pasukan pemelihara perdamaian dunia, TNI membawa misi negara, baik dari aspek militer, politik, diplomasi maupun budaya. 

“Misi tersebut menjadikan para prajurit berkewajiban mengemban nama baik dan kehormatan bangsa dan negara. Untuk itu, laksanakan tugas dengan penuh semangat, dedikasi dan loyalitas, serta tetap perhatikan faktor keamanan dan kesiapsiagaan. Antisipasi setiap perkembangan situasi di wilayah para prajurit bertugas. Setiap pembekalan dan pelatihan yang telah diterima agar menjadi acuan sehingga dapat memperkecil peluang terjadinya insiden yang tidak perlu terjadi dalam pelaksanaan tugas nantinya,” tandas Panglima TNI.

Orang nomor satu di TNI itu menambahkan, berbagai penugasan prajurit TNI dalam misi perdamaian dunia selalu menuai keberhasilan, termasuk pendekatannya kepada masyarakat dalam rangka mendukung pencapaian tugas pokok.

“Oleh karena itu, pelajarilah pengalaman satuan-satuan terdahulu, juga satuan-satuan dari negara lain. Ambil poin-poin positif dan kembangkan demi keberhasilan satuan tugas, serta atasi segala kendala dengan bijak. Jadikan kesempatan ini sebagai sarana menimba pengalaman dan memperluas wawasan. Catat hal-hal penting sebagai bahan perbaikan dan pelajaran berharga bagi penugasan-penugasan berikutnya,” terangnya.

Jenderal bintang empat itu mengingatkan bahwa keberhasilan pelaksanaan tugas para prajurit akan sangat menentukan citra dan prestasi, serta keberlanjutan misi-misi perdamaian Indonesia di masa mendatang. 

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Staf Angkatan, jajaran staf Mabes TNI dan Komandan PMPP TNI beserta staf atas penyiapan Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XX-Q TA. 2020 ini.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, senantiasa memberi bimbingan, petunjuk dan kekuatan kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama. Selamat bertugas,” urainya.