BREAKINGNEWS.CO.ID - Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz membentuk Satuan Tugas Kuda Laut untuk mengawasi distribusi bahan bakar minyak (BBM). Satgas ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan wakilnya adalah Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Komjen Pol Agus Andrianto dan Kepala Korps Brigade Mobil Irjen Pol Anang Revandoko. 
 
"Satgas ini dibentuk sebagai bentuk keseriusan Polri mengawal pendistribusian BBM agar tepat sasaran,” kata Idham kepada wartawan.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyambut baik pembentukan Satgas Kuda Laut. Sebab, pemerintah wajib menjamin ketersediaan dan kelancaran pendistribusian BBM, di mana aparat hukum juga ikut terlibat dalam pengawasan agar tepat sasaran.

“Pengawasan ini juga mengantisipasi ketersediaan BBM pada hari besar dan hari libur nasional,” ujar Arifin.
 
Ia berharap Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi terus membangun kemitraan bersama Polri.

Pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM akan ditekankan pada aspek pre-emtif dan preventif. Apabila terjadi pelanggaran atau penyimpangan, akan dilakukan penindakan hukum. 
 
Polri, kata Idham, berkomitmen memberikan pengawalan dan pengawasan yang maksimal terhadap pelaksanaan kesepakatan ini. “Saya tugaskan Kapolda dan Kapolres untuk benar-benar awasi pendistribusian BBM," pintanya.
 
Satgas Kuda Laut yang dibentuk di tingkat pusat juga harus optimal mengawal seluruh BBM dapat terdistribusi dengan baik.