PADANG - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X lokasi Sumatera Barat, Riau, Jambi, serta Kepulauan Riau mengusahakan untuk menguatkan kewirausahaan di kelompok universitas swasta sebagai langkah menghimpit pengangguran.

" Meningkatnya pengangguran lulusan sarjana jadi pekerjaan tempat tinggal berat untuk universitas, membuat usaha jadi satu diantara langkah kuranginya, " kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang, Sabtu (27/5/2017).

Kesuksesan ini, imbuhnya, bakal diadopsi di 200-an universitas swasta. Diinginkan bermunculan wiraswastawan baru yang lain. Terkecuali menguatkan kuliah kewirausahaan pihaknya akan mempererat serta tingkatkan hubungan kerja dengan dunia usaha.

Dia menyampaikan nanti Kopertis bakal mengusahakan hubungan kerja dengan beragam industri yang setelah itu diarahkan ke universitas. Satu diantara hubungan kerja yang didorong seperti pembinaan serta peluang magang.

" Dengan dua komponen itu diinginkan bakal bermunculan lapangan kerja dari mahasiswa yang buka usaha, " sebutnya.

Apabila telah demikian, pihaknya bakal membuat penghargaan wiraswastawan muda berprestasi. Walau demikian, dia yakini sekarang ini sudah banyak wiraswastawan dari mahasiswa di universitas sekitaran Kopertis X tetapi belum teridentifikasi. (afr)