BREAKINGNEWS.CO.ID - Saat ini cuaca sulit untuk diprediksi. Sehingga antara hujan, panas, hingga angin kencang dapat berubah sewaktu-waktu. Namun sebelum memicu terjadinya hujan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap hujan lebat dengan intensitas tinggi yang akan terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG dalam laman resminya bmkg.go.id memprakirakan untuk hari ini, Kamis, 9 Agustus 2018, wilayah Jakarta yang mengalami hujan lokal pada siang hari adalah wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cuaca diprakirakan cerah berawan.

Sementara untuk Jakarta Pusat, cuaca diprakirakan berawan. Untuk malam hari, nyaris seluruh wilayah di DKI diprakirakan berawan. Hanya wilayah Jakarta Selatan yang diprakirakan akan mengalami hujan lokal.

Sedangkan untuk dini hari, seluruh wilayah DKI akan diliputi cuaca berawan. Adapun suhu yang meliputi Jakarta hari ini diprakirakan berada pada kisaran 24-32 derajat celsius, sementara kelembapan udara berada pada kisaran 55-85 persen.

Untuk wilayah penyangga DKI seperti Bekasi, Bogor, dan Depok siang ini cuaca diprakirakan cerah berawan. Cuaca berawan secara merata terjadi di tiga wilayah tersebut mulai malam hingga dini hari.

Cuaca berbeda terjadi di Tangerang. BMKG memprakirakan wilayah tersebut akan dilanda hujan petir pada siang hari. Pada malam hari diprakirakan terjadi hujan lokal, dan pada dini hari wilayah Tangerang diprakirakan mengalami cuaca berawan.

Untuk Bekasi suhunya 23-33 derajat celcius. Sedangkan Bogor mencapai 20-33 derajat celcius, serta Tangerang dan Depok suhunya 22-33 derajaat celcius.

Masyarakat Jakarta dan Tangerang diimbau agar menyediakan payung ataupun jas hujan saat bepergian ke luar rumah.

Selain itu, masyarakat Jabodetabek lainnya juga harus melakukan antisipasi hal ini dikarenakan kondisi cuaca sewaktu-waktu dapat berubah.

Untuk itu BMKG tetap menghimbau terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. BMKG menghimbau masyarakat untuk mulai meningkatkan kewaspadaan, terutama daerah-daerah yang menjadi langganan genangan air hujan atau banjir.