BREAKINGNEWS.CO.ID – DxOMark baru-baru ini telah menempatkan smartphone terbaru dari Apple yang memiliki satu kamera belakang, yakni iPhone XR ke dalam daftar peringkatnya. Kali ini, kinerja kamera utama iPhone Xr yang diuji oleh DxOMark mampu meraih nilai 101 poin.

Apple pun bisa tersenyum indah karena pada akhirnya smartphone yang punya satu kamera belakang tersebut mampu berkompetisi dengan smartphone yang punya kamera ganda. Bahkan, iPhone XR dinilai oleh DxOMark mampu mendepak Samsung Galaxy S9 Plus dan berada dalam daftar 10 besar.

Akan tetapi kini, DxOMark baru saja memasukkan smartphone lainnya yang juga punya satu kamera utama ke dalam daftarnya. Smartphone tersebut adalah Google Pixel 3. Menariknya, secara keseluruhan nilai yang diberikan oleh DxOMark kepada Pixel 3 sama persis dengan iPhone Xr, yakni 101 poin.

Berdasarkan ujian yang sudah dilakukan, untuk urusan memotret, Google Pixel 3 dinilai mampu meraih skor 103 poin, sedangkan untuk urusan merekam video, smartphone ini hanya mampu meraih skor 98 poin. Lantas, penilaian apa saja yang membuat Pixel 3 bisa setara dengan iPhone Xr?

Pada kesempatan ini DxOMark memuji dynamic range yang dimiliki oleh Pixel 3. Selain itu, smartphone ini juga dinilai punya kinerja flash dan detail foto yang baik serta noise rendah dan stabilisasi efesien dalam hal video.

DxOMark pun mengatakan bahwa mereka telah menemukan kemampuan Pixel 3 yang paling ditingkatkan ketimbang pendahulunya, yakni Bokeh dan Zoom. Hal yang terakhir disebutkan sejauh ini merupakan peningkatan terbesar sehingga Pixel 3 mampu “menghancurkan” smartphone kamera tunggal lainnya.