JAKARTA- Direktur Eksekutif Core Indonesia, Moh. Faisal mengungkapkan adanya pergeseran trend belanja dari kalangan kelas menengah atas. Dalam pemaparannya, Faisal menjelaskan masyarakat kalangan menegah atas di Indonesia saat ini cenderung lebih suka menahan uang mereka di bank.

"Salah satu alasan kalangan menengah ke atas lebih suka menyimpan uang mereka di bank ini karena kebijakan pemerintah yang sedang gencar mengejar pendapatan negara melalui sektor pajak. Mereka ini menahan dulu dan melihat perkembangan ini," papar Faisal saat menjadi pembicara dalam acara yang diselenggarakan CORE Indonesia di Hotel JS Luwansa, Kuningan pada Selasa (28/11/2017).

Faisal mengatakan para kalangan kelas menengah atas ini lebih mengalokasikan dana mereka kepada gaya hidup. "Namun di sisi lain mereka lebih suka membelanjakan uangnya untuk sesuatu seperti hiburan dan traveling, sehingga sangat wajar ketika daya beli terhadap konsumsi rumah tangga kini menurun," ucap Faisal.

Faisal menambahkan akibat kalangan menegah atas menahan uang mereka di bank menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi masih stagnan di angka 5%. "Jika dana ini tidak dikeluarkan menjadi tidak adanya perputaran uang untuk menggenjot perekonomian. Maka dari itu pemerintah perlu turun tangan kepada bank sentral agar mau menurunkan suku bunga mereka sehingga dana ini bisa dikeluarkan," tutupnya.