BREAKINGNEWS.CO.ID – Timnas China berhasil memastikan satu tempat di babak perempat final Piala Asia 2019 setelah berhasil mengalahkan Timnas Thailand dengan skor 2-1 di Stadion Hazza bin Zayed pada Minggu (20/1/2019) malam WIB.

Di laga ini, China sempat dibuat kesulitan meladeni permainan agresf yang ditunjukan Thailand. Bahkan tim yang diarsiteki Macelo Lippi sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Supachai Jaided pada menit ke-31. Penjaga gawang China, Yan Junling tak mampu menghalau tendangan keras Jaided ini.

Bahkan pada menit ke-36, Thailand nyaris saja menggandakan keunggulan yang lagi-lagi lewat Jaiden. Namun sayangnya ia gagal memanfaatkan umpang manis dari Teerasil Dangda karena tendangannya masih melenceng.

Tertinggal satu gol, China pun merubah tempo permainan mereka menjadi cepat dan menyerang. Namun sayangnya upaya mereka masih belum membuahkan sehingga babak pertama ditutup untuk keunggulan Thailand 1-0.

Usai turun minum, China tak menurunkan intensitas serangan mereka . Hasilnya, Wu Lei membuka peluang China pada menit ke-48, akan tetapi tendangan kaki kanannya di dalam kotak penalti Thailand masih melebar.

Senajutnya China kembali mendapat peluang emas lewat upaya Yu Dabao pada menit ke-58. Namun lagi-lagi usaha China masih belum membuahkan hasil lantaran bola tendangannya yang mengarah ke tengah gawang Thailand masih mampu diamankan penjaga gawang Sivarak Tedsungnoen.

China akhirnya baru bisa mencetak gol peyeimbang pada menit ke-67. Kali ini upaya Xiao Zhi yang masuk menggantikan Dabao pada menit ke-64 berhasil membuahkan gol dan membuat laga kembali imbang 1-1.

Upaya China yang terus menekan pun kembali berbuah manis. Pada menit ke-71, China sukses membalikkan skor keunggulan menjadi 2-1 atas Thailand. Gao Lin berhasil mencantumkan namanya di papan skor setelah sukses mencetak gol melalui eksekusi penalti. Tim Negeri Tirai Bambu itu mendapat hadiah penalti usai Chalermpong Kerdkaew dianggap melakukan pelanggaran terhadap Gao Lin di dalam kotak penalti.

Hingga laga bubar tak ada lagi gol yang tercipta, China pun memastikan kemenangan 2-1 atas Thailand sekaligus lolos ke perempat final Piala Asia 2019. Kini, China masih harus menunggu lawannya di babak perempat final antara Iran atau Oman yang akan berlaga Minggu (20/1) malam ini.

Susunan Pemain Kedu Tim:

Thailand (3-4-3): Sivarak Tedsungnoen; Chalermpong Kerdkaew, Pansa Hemviboon, Mika Chunuonsee; Theerathon Bunmathan, Thitipan Puangchan, Tanaboon Kesarat, Tristan Do; Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin, Supachai Jaided

China (4-3-3): Yan Junling; Shi Ke, Zhang Linpeng, Feng Xiaoting, Liu Yang; Zheng Zhi, Hao Junmin, Wu Xi; Wu Lei, Gao Lin, Yu Dabao