BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemain bintang milik salah satu klub Inggris, Liverpool, Mohamed Salah, berhasil terpilih menjadi pemain terbaik Afrika 2018. Salah sukses mengalahkan Sadio Mane dan Pierre Emerick Aubameyang.

Salah yang tampil gemilang bersama dengan Liverpool dengan berhasil mencetak 44 gol musim lalu sukses memenangkan penghargaan pada seremoni penghargaan yang digelar Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) di Dakar, Selasa (8/1/2019) waktu setempat.

Salah mendapat suara terbanyak dalam voting yang dilakukan oleh direktur teknik dan pelatih dari 56 negara anggota CAF. Konsistensi yang ditunjukkan oleh winger berusia 26 tahun dengan mampu mencetak 16 gol dalam sejauh musim berjalan bersama The Reds, jadi daya pikat lain dari pemain asal Mesir tersebut.

Bagi Salah, ini merupakan kedua kalinya ia memenangkan penghargaan tersebut dikarenakan tahun lalu Salah juga berhasil memenangkannya. Komposisi tiga besar tahun ini pun persis sama seperti tahun lalu.

"Penghargaan ini sangat berarti bagi saya, saya menyukainya karena saya melihatnya saat masih muda dan selalu bermimpi memenanginya suatu hari nanti," ucap Salah seperti dikutip Reuters. "Saya bangga bisa meraihnya dua kali, saya harus berterima kasih kepada keluarga dan teman-teman setim saya. Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk negara saya, Mesir."

Sementara itu, Best XI Afrika tahun 2018 mayoritas diisi oleh pemain-pemain yang merumput di Eropa. Nama-nama seperti Riyad Mahrez, Thomas Partey, Eric Bailly, dan Mehdi Benatia menemani Salah, Aubameyang, dan Mane dalam daftar tersebut. Untuk gelar pemain muda terbaik, Achraf Hakimi berhasil memenangkan trofi tersebut. Hakimi adalah pemain Real Madrid yang saat ini dipinjamkan ke Borussia Dortmund.

Di kategori wanita, pemain terbaik jatuh pada Thembi Kgatlana yag berasal dari Afrika Selatan. Prestasi terbaik Kgatlana adalah terpilih jadi pemain terbaik Piala Afrika 2018 sekaligus pencetak gol terbanyak turnamen itu.