BREAKINGNEWS.CO.ID-Tim polo air putra Indonesia dipastikan meraih medali emas  jika berhasil mengalahkan Malaysia pada pertandingan keempatnya di kontes polo air SEA Games XXX/2019, Filipina, Jumat (29/11/2019) sore ini. Medali emas dari tim polo air putra ini sekaligus menjadi medali emas pertama bagi kontingen Indonesia.

Peluang memperoleh medali emas bagi tim polo air putra ini terbuka lebar setelah mereka sukses menghantam tim tangguh Singapura, Kamis (28/11).

Sejarah berhasil diukir Timnas Polo Air Putra Indonesia sebagai negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang bisa mengalahkan Singapura di ajang SEA Games.

Bertanding di New Clark Aquatic Centre pada 30th SEA Games 2019, Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 7-5, Kamis, 28 November 2019.

Tujuh gol kemenangan Indonesia dicetak Yusuf Budiman satu gol, serta masing-masing dua gol oleh Ridjkie Mulia, Delvin Feliciano dan Silvester Goldberg.

Pada pertandingan lainnya, Filipina mengalahkan Thailand 7-4.

Polo Air Indonesia kali pertama ikut SEA Games pada 1977, dan sejarah selama 42 tahun, akhirnya bisa mengalahkan Singapura yang sudah juara 27 kali SEA Games, sejak ikut kali pertama 1965.

Usai pertandingan Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie langsung menghubungi para pemain melalui video call.

"Alhamdulillah, alhamdulillah. Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya. Saya sampai sujud syukur saat memimpin Rapimnas Kadin. Pas mau rapat saya sampai ga bisa fokus, karena mau nanya skornya berapapun takut. Sekali lagi terima kasih kalian telah membuat sejarah sebagai negara pertama yang mengalahkan Singapura. Besok masih ada satu pertandingan lagi melawan Malaysia, tetap fokus. Selamat ya tim, dan juga Bang Deddy serta semua pihak yang telah membantu," jelas Anindya Bakrie.

Dalam klasemen sementara, Indonesia memimpin dengan lima poin dari dua kali menang dan sekali seri. Imbang ditahan Filipina 6-6, serta menang atas Thailand 17-12 dan mengalahkan Singapura 7-5. Peringkat kedua tuan rumah Filipina dengan tiga poin dari sekali menang dan sekali imbang. Peringkat ketiga Singapura dan Thailand yang sama-sama mengoleksi dua poin. Dan posisi kelima adalah Malaysia belum mendapat poin dari dua kekalahan.

Indonesia berpeluang mempertahankan peringkat pertama, sekaligus meraih medali emas pertamanya sepanjang sejarah ikut SEA Games selama 42 tahun sejak 1977.

Indonesia bisa meraih medali emas jika pada pertandingan Jumat (29 November 2019), mampu mengalahkan Malaysia yang kini menghuni dasar klasemen.

Namun gelar juara Indonesia juga masih ditentukan partai lainnya, setengah jam setelah Indonesia yakni laga antara tuan rumah Filipina melawan Singapura. Jika Filipina kalah, maka Indonesia dipastikan meraih emas. Filipina bisa jadi juara jika, mengalahkan SIngapura dengan skor besar.

Karena cabang olahraga (cabor) polo air merupakan cabor yang pertama memperebutkan medali emas pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara tersebut, Menpora Zainudin Amali mengharapkan, agar sejarah yang dicetak Ridjkie Mulya dan kawan-kawan bisa dilengkapi dengan medali emas.

"Saya berharap Polo Air yang sudah mencatat sejarah mampu melengkapinya dengan menjadi cabor pertama penyumbang medali emas bagi Kontingen Indonesia di SEA Games Filipina 2019," tutup Zainudin Amali.

Klasemen Polo Air Putra 30th SEA Games 2019

1. Indonesia main 3 poin 5
2. Filipina 2 3
3. Singapura 2 2
4. Thailand 3 2
5. Malaysia 2 0