BREAKINGNEWS.CO.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi menyatakan memberi dukungan kepada Joko Widodo untuk maju pada pilpres 2019 mendatang. Sedangkan untuk siapa yang akan menjadi pendamping selaku wakil presiden, semua diserahkan kepada mantan Wali Kota Solo tersebut.

Keputusan memberikan dukungan politik kepada Jokowi diperoleh setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar hadir dan mendampingi Jokowi saat melakukan pemeriksaan terhadap fasitaltas dan sarana pendukung even Asian Games 2019 Palembang  pada Sabtu (14/7/2018).

Sejak Jokowi keluar pagi hari dari  penginapan dan mendatangi sejumlah lokasi, seperti Jakabaring Sport Center, Muhaimin selalu mendamping dan kadang terlihat berbicara serius satu sama lain.

Meski pada bagian lain, ada suasana santai di sela-sela kegiatan mereka. Jokowi dan Muhaimin sempat bermain menjajal lintasan boling yang akan digunakan untuk pertandingan nanti.  Entah disengaja atau tidak, ada omong-omong serius diantara mereka. Namun secara kasat mata dapat terlihat negosiasi sambil main boling Jokowi, terbukti manjur untuk menundukkan Muhaiman yang sejak semula terlihat cukup ngotot untuk dipasangkan sebagai cawapres Jokowi pada ajang pesta demokrasi nasional tahun depan itu.

"Dan hari ini di depan teman-teman dan di depan Pak Jokowi ada Sekjen (Sekjen PKB) kebetulan, saya nyatakan bismillahirahmanirrahim, PKB saya nyatakan mendukung pencalonan Pak Jokowi 2019," terang Cak Imin usai "kekalahannya" itu.

Ucapan Cak Imin disambut senyum Jokowi dan beberapa yang lain yang hadir antara lain Menpora Imam Nahrawi yang juga kader PKB. "Dan tentu dengan harapan agar pemerintahan hari ini dan besok Jokowi benar-benar menghasilkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat bangsa Indonesia," tegas dia.

Berbicara soal cawapres, Cak Imin sendiri sepenuhnya menyerahkan kepada keputusan koalisi.

"Menyangkut cawapres tentu saya menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Presiden beserta koalisi nanti. Yang pasti kepada para kiai, para nahdliyin mendukung semua, sabar kita optimis nama saya ada di saku Pak Jokowi. Amin ya rabbal alamin," tutup dia.

Sebelum PKB, partai lain yang sudah memberikan dukungan ke Jokowi yakni PDIP, Golkar, PPP, dan NasDem, PKPI, PSI, dan Hanura.