BREAKINGNEWS.CO.ID - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Achmad Firdaus, menuturkan dirinya ingin turut serta untuk memperjuangkan cabang olahraga handball, khususnya di DKI Jakarta.

"Bagi saya, kita di dispora tidak memprioritaskan salah satu cabang olahraga, semuanya sama. Kebetulan beberapa waktu lalu, Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI), Dody Usodo Hargo, datang ke tempat saya untuk berdiskusi tentang olahraga bola tangan, sebagai orang baru saya juga mau ikut berjuang dan nanti juga akan saya coba untuk menginisiasikan bagaimana olahraga handball ini bisa menjadi unggulan di DKI Jakarta," ujar Achmad Firdaus di sela-sela Women Internasional Handball Federation (IHF) Trophy Zona Asia 1-B di GOR POPKI Cibubur, Jakarta, pada Minggu (5/5/2019).

Dia menambahkan saat ini Dispora Jakarta juga sedang mencari, lapangan mana saja yang tepat untuk menjadi home basenya Handball DKI Jakarta. Saat disinggung terkait sekolah khusus handball, Achmad menyampaikan kalau tahun ini Pusat Pendidikan Olahraga Pelajar (PPOP) Ragunan Provinsi DKI Jakarta akan dilakukan rehabilitasi total keseluruhan, nantinya beberapa lapangan yang menjadi multifungsi akan difungsikan juga untuk handball DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada tahun 2019 ini akan merevitalisasi kawasan Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Ragunan, Jakarta Selatan, dengan spesifikasi yang paling tinggi saat ini dan berstandar internasional. Achmad menuturkan bahwa tujuan merevitalisasi menjadi standar internasional yaitu, Anies ingin seluruh atlet terbiasa berlatih dengan fasilitas-fasilitas berstandar internasional.

Kita akan mencoba berbagai strategi dari PPOB, kita juga akan berkoordinasi dengan KONI dan dinas pendidikan, karena dinas pendidikan merupakan salah satu sumber munculnya atlet-atlet kita nantinya, sehingga kita nantinya akan membuat sekolah-sekolah rujukan olahraga. Kalau nantinya ada fasilitas handball, nanti kita akan mencari rujukan sekolah yang terdekat dari fasilitas handball tersebut. Guna membuktikan bahwa dki jakarta siap dengan atlet-atlet handballnya. Pokoknya media memiliki peranan yang paling penting memajukan cabang handball dki jakarta, kita terus koordinasi, konsultasi dan sajikan melalui media.

Ditegaskan Achmad, Anies Baswedan, sangat konsen sekali untuk olahraga di DKI Jakarta, tidak hanya olahraga berprestasi saja, olahraga yang bersifat rekreasi pun sangat dipikirkan oleh Anies, karena biar warga jakarta sehat dan menjadikan warga Jakarta bahagia. Visi dan Misi Dispora DKI Jakarta salah satunya adalah menjadikan masyarakat dki jakarta yang bugar melalui kegiatan olahraga, oleh karena itulah Gubernur DKI Jakarta tidak membeda-bedakan cabang olahraga, dan menjadikan seluruhnya menjadi kesatuan dengan fasilitas-fasilitas yang berstandar internasional, itulah salah satu komitmen Anies Baswedan.