BREAKINGNEWS.CO.ID- PT. Segara Lestari Komodo (SLK) memaparkan proses perizinan pembangunan sarana wisata di Taman Nasional Komodo (TNK) di hadapan sejumlah masyarakat di Hotel La Prima, Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar) pada Selasa (21/8/2018).

Pemateri dari PT. SLK, Zulkarnaen mengatakan pihak yang mengeluarkan perizinan Izin Usaha Pembangunan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manggarai Barat (Disbudpar) pada 18 Desember 2012.

"Permohonan perizinan IUPSWA kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manggarai Barat (Disbudpar) pada 18 Desember 2012," katanya.

Diketahui, Kadisbudpar Manggarai Barat tahun 2012 adalah Theodorus Suhardi. Saat ini Theodorus Suhardi ditahan pada Jumat, 6 Juli 2018 terkait kasus dugaan korupsi dana Sail Komodo.

Theodorus ditahan di rumah tahanan Polres Mabar bersama salah satu stafnya, Yosefus Sukardi.

Mereka diduga menyalahgunakan dana yang diambil dari APBD II Mabar untuk pelaksanaan proyek pemasaran pariwisata dan pengelolahan keragaman budaya dalam acara Sail Komodo tahun 2013, di mana kerugian negara ditaksir mencapai Rp 487 Juta.

Dalam proyek itu, Theodorus bertindak sebagai Pengguna Anggaran atau Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Sukardi menjadi bendahara.