BREAKINGNEWS.CO.ID - Juventus berhasil menang dengan skor 2-1 atas Samdoria dalam lanjutan kompetisi Liga Italia Serie A, Sabtu (29/12/2018) berkat bantuan teknologi VAR (video assistant referee). Membuat pemain mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, buka suara terkait penggunaan VAR.

VAR sendiri baru dipergunakan di Serie A pada musim 2018 ini setelah FIFA meresmikan teknologi tersebut di Piala Dunia 2018. Penggunaan VAR di Liga Italia cukup memberikan keuntungan bagi Juventus. Dalam pertandingan pekan ke-19 Serie A, Juventus berhasil menang 2-1 atas Sampdoria berkat bantuan VAR.

Setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di babak pertama melalui gol Cristiano Ronaldo pada menit kedua dibalas dengan tendangan penalti Fabio Quagliarella pada menit ke-33, Juventus kembali unggul pada menit ke-65 lewat gol penalti Ronaldo. Hukuman penalti diberikan kepada Sampdoria dikarenakan lengan bek Alex Ferrari dianggap mengenai bola hasil tendangan sudut pemain Juventus. Wasit Paolo Valeri memutuskan penalti setelah melihat VAR.

Tidak saja pada gol kedua, VAR juga membawa Juventus menang untuk ke-16 kalinya di Serie A musim ini usai gol Riccardo Saponara pada menit injury time dianulir wasit. Menurut VAR Saponara lebih dulu dianggap dalam posisi offside sebelum mencetak gol dengan tendangan kaki kiri melengkung usai menerima umpan dari rekannya.

Gol yang dibatalkan itu membuat Sampdoria tidak berhasil menyamakan kedudukan sehingga Si Nyonya Tua tetap pulang dengan raihan tiga poin. Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo ikut buka suara dengan dipergunakannya VAR yang membuat timnya menang atas Sampdoria. Bagi pemain berjuluk CR7 itu semua orang harus menerima VAR.

"Saya menyukai VAR, karena itu merupakan keputusan yang sulit untuk wasit, dan kita seharusnya menerima apapun yang membuat pekerjaan wasit jadi lebih mudah," ujar Ronaldo kepada Sky Sport Italia dikutip dari Football Italia, Minggu (30/12). Terkait performa tim asuhan Massimiliano Allegri sejauh ini Ronaldo merasa senang. Juventus tetap berada di puncak klasemen dengan total 51 poin tanpa terkalahkan. "Tim melakukan pekerjaan dengan sangat baik, kami memiliki paruh musim pertama yang mengagumkan. Akan tetapi harus tetap bekerja untuk memastikan kami tetap dalam bentuk yang bagus di paruh musim kedua," Ronaldo menuturkan.