BREAKINGNEWS.CO.ID – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, merasa tak habis pikir dengan ulah media lokal yang terus mencibir kegagalan Timnas Jerman pada Piala Dunia 2018 kemarin. Klopp pun berharap jika awak media kini mau memberikan dukungannya agar Der Panzer mampu bangkit.

Tersingkirnya Timnas Jerman dari Rusia pada fase grup Piala Dunia 2018 kemarin memang jadi pukulan telak bagi para suporter setia Der Panzer. Pasalnya pada Piala Dunia sebelumnya di Brasil, anak-anak asuhan Joachim Low mampu meraih podium pertama. Tidak heran jika media menghujani mereka dengan kritik dan cibiran bahkan hingga detik ini.

Dengan semua kritikan trersebut, efeknya terjadi sejumlah isu perpecahan di skuat Jerman saat ini. Puncaknya tentu saja saat playmaker keturunan Turki, Mesut Ozil, memilih pensiun dini dari tugas interbasionalnya pasca merasakan adanya perlakuan rasial dari federasi sepak bola Jerman. Itulah kenapa Klopp berharap media tidak lagi bersikap keterlaluan.

“Kritik yang ditujukan pada Jerman tidaklah fair. Jika aku disuruh meliput mereka maka usai kegagalan di Piala Dunia aku tidak akan berujar macam-macam. Media tidak tahu apa yang timnas rasakan,” ungkap Klopp seperti dilansir dari Goal International.

“Perlakuan media sungguh diluar akal sehat. Sudah terbukti sejak lama jika kritik berlebihan tidak akan menghasilkan apapun. Menurutku mereka sudah di luar batas,” jelas Klopp.

“Biarkan Jerman tenang dan memainkan sepak bola mereka kembali. Aku jamin kedepannya kita akan kembali memenangkan banyak laga,” pungkas manajer Liverpool itu.

Saat ini Jerman sendiri tengah dalam usaha menyembuhkan luka mereka dari Piala Dunia 2018 lalu. Salah satunya adalah dengan mempertahankan Low di posisi manajer meski ia baru saja mendapatkan raihan terburuk dalam satu dekade terakhir.

Kini, menjadi salah satu dari empat tim yang lolos ke babak final UEFA Nations League dipastikan akan menjadi target Jerman saat ini. Bukan sesuatu yang mudah mengingat mereka ada di League A yang merupakan tempat bagi tim-tim unggulan berkumpul di sana.

Pada Jumat (7/9) lalu mereka sudah memainkan laga pertama mereka di Grup 1 melawan juara Piala Dunia 2018, Prancis di Allianz Arena. Namun sayangnya Jerman gagal meraih kemenangan setelah Les Bleus mampu menahan imbang mereka tanpa gol.