BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim Thailand sukses memborong gelar dalam Kejuaraan Sepakbola Pelajar Asia/Asian Schools Football Championsip U-18 (ASFC) 2019 ke-47 yang berakhir Sabtu (23/11/2019) di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Tidak hanya merebut gelar juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 2-1 pada babak final, Tim Gajah Putih juga menyabet predikat Tim Terbaik, Kiper Terbaik, Pemain Terbaik dan Pencetak Gol Terbanyak/Top Skor.

Predikat Kiper Terbaik diraih oleh Natthasan Pakkarano, kemudian Pemain Terbaik dan Pencetak Gol Terbanyak disandang striker, Chukid Wanpraphao.

Kejuaraan Sepakbola Pelajar Asia U-18 ke-47, resmi ditutup oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendi. Acara penutupan berlangsung meriah dengan menampilkan tarian dan atraksi budaya khas Kalimantan Timur. Suasana semakin semarak saat penyanyi jebolan Indonesian Idol, Delon tampil membawakan lagu-lagu hits. Turut hadir Sesmenpora, Gatot Dewa Broto.

Dalam sambutannya, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi menyampaikan terimakasih kepada Kemenpora yang telah menunjuk Stadion Batakan menjadi venue pertandingan ASFC 2019. Dia berharap pemerintah melalui Kemenpora akan menjadikan Stadion Batakan sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 pada 2021 yang bakal berlangsung di Indonesia.

"Terimakasih kepada Kemenpora yang telah memberi kesempatan kepada Kota Balikpapan menjadi lokasi penyelenggara ASFC 2019. Kami bangga bisa menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi dalam penyelenggaraan ASFC 2019 di Stadion Batakan kita berhasil mencetak rekor dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan ASFC yang telah 47 kali diselenggarakan. Rekor tersebut tercipta saat pertandingan semi final Indonesia melawan Malaysia di mana jumlah penonton yang hadir mencapai 45 ribu," kata Rizal Effendi.

"Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan keinginan sehubungan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021 yang akan berlangsung di Indonesia. Stadion Batakan siap menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20," pungkasnya.