BREAKINGNEWS.CO.ID - Sekolah Sepak Bola (SSB) Juanda Merah Surabaya dan SSB Bangun Kerto Jogja, Semarang merajai Festival Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy 2019 yang berlangsung selama dua hari di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, yang diikuti oleh 16 tim perwakilan dari setiap kota, masing-masing 8 tim untuk U-10 dan U12.

Pada kelompok usia (KU) 10 tahun, juara pertama diraih oleh Juanda Merah setelah di partai final sukses mengalahkan Uni B Bandung dengan skor 2-1. Sementara, SSB Bangun Kerto Jogja merebut juara pertama KU-12 tahun usai mengalahkan SSB Agi Malang, Jawa Timur dengan skor tipis 1-0.

Sementara itu, SSB Remedial Wirosari dari Grobogan, Jawa Tengah keluar sebagai team favorit bersama dengan SSB Medco Sumatera Selatan (Sumsel) untuk KU-10 tahun dan 12 tahun. Sedangkan untuk tim paling fairplay dalam Festival Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy 2019, diberikan kepada SSB Putra Koga Lampung dan SSB Isa Sidoarjo.

SSB Juanda Merah Surabaya, tidak hanya keluar sebagai juara di kelompok usia 10 tahun saja, akan tetapi mereka berhasil menambah prestasi dengan menyabet gelar pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik. Untuk pencetak gol terbanyak, punggawa Juanda Merah, Rasya Habibie mampu menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan enam gol, sedangkan untuk pemain terbaik diberikan kepada Rayhan.

Untuk kelompok usia 12 tahun, penghargaan pencetak gol terbanyak diberikan kepada Pasya Adreo dari SSB Medco Sumsel, dan untuk pemain terbaik diberikan kepada Lucna dari SSB Bangun Kerto Jogja, Semarang.

Sebagai Informasi, Garuda Anak Nusantara Biskuat Academy 2019 telah melakukan babak penyisihan yang diikuti oleh sebanyak 384 tim di 8 kota, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Malang, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Bali. Sebagai puncaknya, babak final Biskuat Academy 2019 berlangsung pada 11-12 Januari 2020 di GOR Soemantri, Kuningan, Jakarta, yang diikuti oleh 16 tim perwakilan dari setiap kota, masing-masing 8 tim untuk U-10 dan U12.

Menurut pendiri Garuda Anak Nusantara, Endra Gunawan, tahun ini merupakan event pertama digelarnya Festival Biskuat Academy yang bekerja sama dengan Garuda Anak Nusantara (GAN). Di setiap kota kata Endra peserta masih terbatas yakni, 24 klub anggota resmi Askot/Askab.

“Garuda Anak Nusantara yang kita bentuk adalah sekumpulkan klub atau SSB se-Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tahun ini merupakan tahun pertama menyelenggarakan di tingkat nasional dan sebelumnya hanya tingkat regional saja di Jakarta.Kemungkinan tahun depan kita akan tambah jumlah kota penyelenggara,” pendiri GAN itu menambahkan.