BREAKINGNEWS.CO.ID – Manajer Manchester United, Jose Mourinho mulai mengkritik dan meminta pihak FIFA untuk membatasi penggunaan VAR (Video Assistan Referee). Hal ini berkaca pada ajang Piala Dunia 2018 di mana di partai final Timnas Prancis mendapatkan hadiah penalti karena adanya teknologi tersebut.

Setelah menjadi pengamat setia Piala Dunia 2018, Jose Mourinho akhirnya ikut membahas soal penggunaan VAR di Rusia. Ia menilai jika penggunaan VAR lebih banyak merugikan para pemain di lapangan. Ia menyoroti keputusan wasit yang menghadiahkan penalti pada Prancis di final Piala Dunia 2018 kontra Kroasia (4-2) akhir pekan lalu. Wasit dinilai Jose Mourinho telah salah menggunakan teknologi VAR.

Mourinho juga mengakui bahwa VAR aslinya memang sudah banyak membantu beberapa pertandingan di Piala Dunia kali ini. Meski begitu dirinya juga sekalian meminta agar ada penentuan batasan VAR yang lebih jelas lagi. Penalti di final itu adalah salah satu kesalahan VAR menurut Mou.

Baginya, VAR hanya boleh digunakan pada kesalahan fatal saja saat wasit kesulitan mengambil keputusan. Mourinho selebihnya masih percaya jika sebaiknya penggunaan VAR lebih dibatasi nantinya.

“Saya secara pribadi tidak begitu senang (dengan VAR). Penalti untuk Timnas Prancis sudah berperan besar dan, maaf kata, hal itu adalah keputusan yang tidak merepresentasikan konsep VAR sama sekali,” ungkap Mourinho seperti dilansir dari Marca.

“Bagi saya lagi, teknologi VAR harus digunakan untuk kesalahan fatal, situasi jelas dari kesalahan perwasitan saja, dan kemarin adalah contoh bagus tentang menimbulkan banyak keraguan dan ketidakadilan untuk tim yang sudah bekerja dengan sangat baik saat mereka bertanding.”

Disamping itu, ketika ditanya pendapatnya soal Piala Dunia kali ini, Mou tetap mengakui Prancis memang layak menjadi juara. Ia menilai jika Prancis memang sudah belajar banyak dari kegagalan dua tahun lalu di Euro 2016. Selain itu, Mourinho juga mengakui kecewa melihat penampilan Brasil.

“Timnas Prancis sudah datang dari final kompetisi Eropa dan dua tahun kemudian mereka di final Piala Dunia. Kalau saya harus memillih siapa satu tim yang mengecewakan saya, saya pilih Timnas Brasil,” pungkasnya.