Balikpapan - Rumor perombakan atau reshuffle Kabinet Kerja Jokowi-JK kembali mengemuka. Beberapa nama menteri serta pejabat setingkatnya santer terdengar akan dirotasi, bahkan dicopot. Akan tetapi, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan tidak akan ada perombakan atau reshuffle kabinet. Paling tidak, perubahan menteri itu tidak akan dilakukan pada hari Kamis (13/7/2017).

"Enggak ada, hari ini enggak ada (reshuffle), " tutur Jokowi selesai membagikan sertifikat tanah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7/2017). Isu reshuffle kabinet mulai mengemuka sebelumnya bulan Ramadan. Setelah Idul Fitri, isu itu kembali bergulir. Sebagian kalangan coba menebak saat perombakan kabinet. Satu diantaranya dengan mengukur kebiasaan Rabu Pon Jokowi.

Perombakan kabinet sebelumnya, selalu dikerjakan pada Rabu Pon dalam kalender Jawa. Bulan ini, Rabu Pon jatuh pada 12 Juli 2017. Nyatanya, hingga Kamis ini belum ada pergantian Menteri Kabinet Kerja.

Disamping itu, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menyebutkan, siap bila namanya ikut digeser atau digantikan sebagaimana santer disebut. "Siap. Saya kan pembantu Presiden. Semua menteri kapan saja mesti siap, " kata Teten di kantor Wakil presiden Jakarta, Rabu 12 Juli 2017.

Walau demikian, saat ditanya apakah telah mendapat surat pemberitahuan, dia menyebutkan belum ada. "Belum tahu saya, belum tahu. Memang belum ada pembicaraan, itu kan wilayahnya Pak Presiden, " terang Teten.

Dia menjelaskan, walau ada gosip perombakan kabinet, itu tidak akan mengganggu kemampuan kementerian. Teten beralasan, kementerian sesungguhnya telah bekerja dengan baik, hingga perubahan di pos menteri cuma untuk mempercepat program kerja.