BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan sejumlah atlet Indonesia yang sudah bertanding dalam kejuaraan Asian Para Games 2018. Sebanyak 95 atlet bertemu dengan Presiden Jokowi pada Sabtu (13/10/2018) di Istana Kepresidenan Bogor.

Ruang Teratai serta Ruang Garuda dipilih menjadi tempat kegiatan yang mulai dilangsungkan pada pukul 11.00 WIB itu. Hendi Wirawan berusia 27 tahun, atlet catur cepat pada Asian Para Games 2018, menuturkan dirinya hadir atas undangan Presiden. "Ya target kami menang tentunya untuk mengharumkan nama bangsa," kata dia.

Hendi menyampaikan harapan agar pemerintah pun terus memperhatikan pembangunan infrastruktur pendukung bagi difabel. "Insya Allah saya akan berusaha untuk lebih keras lagi guna memperbaiki permainan catur saya," ujar atlet berusia 27 tahun itu.

Hingga pada Sabtu siang (13/10), Indonesia berhasil mendapatkan 36 medali emas, sehingga menambah total perolehan menjadi 134 medali, dengan 47 medali perak serta 51 medali perunggu. Peraihan medali oleh para atlet itu menempatkan posisi Indonesia di peringkat kelima. Kejuaraan Asian Para Games sudah dilaksanakan sejak 6 Oktober 2018 lalu dan akan ditutup pada 13 Oktober 2018. Acara penutupan dilangsungkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno Senayan pada Sabtu (13/10) sore.

Medali emas ke-36 untuk Indonesia didapatkan dari cabang para bulutangkis. Ganda campuran, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila, setelah di partai final XD SL3-SU5 di Gelora Bung Karno, mengalahkan wakil Thailand, Siripong Teamarrom/Nipada Saensupa.

Tampil di hadapan penonton sendiri, Hary/Leani tampil garang sejak di game pertama, terbukti mereka berhasil merebut game satu dengan poin 21-7. Dengan raihan satu emas ini, koleksi medali emas Indonesia menjadi 36 medali dan memperkuat posisi Indonesia di peringkat lima klasemen sementara perolehan medali Asian Para Games.

Di game kedua, Hary/Leani tak mengendorkan serangan, smes keras dan bola pendek diluncurkan terus menerus dan akhirnya menutup pertandingan dengan poin 21-10. Satu medali emas pun akhirnya berhak mereka bawa pulang. Sebelumnya, dua emas juga direbut dari bulutangkis, yakni melalui tunggal putra, Dheva Anrimusthi. Dan, dari ganda campuran Dheva Anrismusthi/Hafizh Briliansyah.