BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus kepada para atlet Asian Para Games 2018. Jokowi, sambil bercanda menuturkan kalau bonus yang diberikan membuat dana yang dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) membengkak.

Jokowi membagikan bonus kepada para atlet Asian Para Games 2018 di Istana Bogor, Sabtu (13/10/2018). Saat menyampaikan sambutan, Jokowi sedikit bercanda. Jokowi menuturkan medali emas yang diperoleh atlet Asian Para Games jumlahnya lebih banyak dibandingkan atlet Asian Games. Oleh karena itu, bonus yang dikeluarkan pun juga menjadi semakin banyak.

"Berikutnya lagi saya diberi tahu 34. Barusan saya diberi tahu, saya dibisiki pasti ini dapat 35 emas. Kalau dapat 35 berarti kita masuk 5 besar. Yang jelas emasnya melebihi Asian Games," kata Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (13/10). "Tetapi juga ingat, APBN yang keluar juga menjadi lebih banyak. APBN yang keluar untuk saudara-saudara semakin banyak tapi kita syukuri Alhamdulillah."

Bonus yang didapatkan atlet Asian Para Games sama dengan yang diperoleh atlet Asian Games. Peraih medali emas mendapatkan bonus 1,5 miliar rupiah. Melihat prestasi yang telah ditorehkan para atlet, Jokowi mengungkapkan negara tidak rugi memberikan bonus dalam jumlah miliaran. "Karena ini untuk nama bangsa dan negara Indonesia. Saya akan serahkan langsung pada pagi hari ini bonus. Bonusnya sama seperti Asian Games, Asian Para Games serta Asian Games sama. Yang jelas yang dapat emas itu dapat 1,5 miliar rupiah," ucap Jokowi.

"Tidak tahu mau digunakan apa. Itu banyak. Tetapi itu sesuai dengan prestasi bapak dan ibu. Negara tidak rugi memberikan itu kepada Bapak dan Ibu yang telah mengangkat harkat serta martabat negara kita ke kancah Asia. Mungkin yang dapat emas yang belum hadir di sini akan saya serahkan sendiri. Kan masih ada waktu hingga sore. Saya rasa itu. Sekali lagi saya sangat bangga pada saudara-saudara sekalian," lanjutnya.

"Saya lihat dedikasi dan kerja keras dalam menyiapkan diri menghadapi Asian Para Games. Kerja keras yang luar biasa. Target 16 emas harus dan masuk ke 8 besar. Tapi ini meleset semuanya. Meleset ke atas," kata Jokowi yang diiringi tepuk tangan para atlet di Istana Bogor.