BREAKINGNEWS.CO.ID - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin siap menjalani tes baca Alquran seperti yang diusulkan oleh Dewan Ikatan Dai Aceh baru-baru ini. Kesiapam Jokowi-Ma'ruf diungkapkan oleh Ace Hasan Syadzily yang merupakan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN).

Ace menuturkan, pagi pihaknya permintaan itu akan mereka penuhi semata-mata karena memenuhi keingin rakyat Aceh yang sangat islami dan menjunjung tinggi calon pemimpinnya yang seharusnya memiliki kemampuan membaca kitab sucinya. "Pak Jokowi dan Pak Kyai Ma’ruf sangat siap jika diminta masyarakat Aceh untuk hadir tes membaca Alquran."ujar Ace saat dihubungi, Senin (31/12/2018).


Meskipun demikian, menurut Ace kesiapan tersebut bukan berarti pihaknya ingin menarik ranah agama ke dalam politik. "Kami hanya ingin menunjukkan bahwa kami juga sangat siap jika kami diuji kemampuan relijius seseorang dijadikan sebagai preferensi dalam memilih calon pemimpin," katanya.


Selama ini, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Golkar itu ada pihak-pihak yang selalu menyerat agama dalam politik. Berkampanye di tempat-tempat ibadah, dan selalu membawa nama Ijtima ulama. "Kan selama ini ada pihak-pihak yang selalu menyeret kemampuan religius seseorang dalam politik. Bahkan ada yang selalu mengkampanyekannya di tempat-tempat ibadah, memakai ijtima ulama dan lain-lain. Kita buktikan. Sekalipun demikian, kami tetap sangat siap dengan debat program, gagasan, visi misi, dan rekam jejak," tegasnya.

Sebelumnya, usulan tes baca Alquran tersebut datang dari Dewan Ikatan Dai Aceh. Kedua pasangan capres-cawapres ini diundang untuk ikut tes baca Alquran demi mengakhiri polemik soal keislaman para calon. Rencananya, tes membaca Alquran dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 15 Januari 2019.

"Untuk mengakhiri polemik keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Alquran terhadap kedua pasangan calon," kata Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak di Banda Aceh, Sabtu (29/12)