BREAKINGNEWS.CO.ID - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, berhasil meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara pemilihan umum 2019 yang berlangsung di Berlin dan Hamburg, Jerman.

Berdasarkan penghitungan akhir Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Berlin, Jokowi-Ma'ruf mendapat 1.384 suara (76,34%) dari total 1.853 suara yang masuk. Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya mendapat 429 suara (23,66%) dan total surat suara tidak sah ada 40 buah.

Anggota PPLN Berlin, Ellizabeth, mengatakan total jumlah surat suara yang diterima panitia berjumlah 1.853, terdiri dari 1.257 suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 596 melalui jasa pos. "Untuk penghitungan pemilihan anggota legislatif, lima partai yang meraih surat terbanyak adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan Gerindra," bunyi pernyataan PLLN Berlin yang diterima Breakingnews.co.id pada Selasa (18/4).

Ellizabeth mengatakan penghitungan suara dilakukan secara terbuka, di mana sejumlah warga Indonesia dan saksi turut menyaksikan proses penghitungan di aula Kedutaan Besar RI di Berlin. Dia juga mengatakan PPLN Berlin menyiarkan langsung proses penghitungan di Facebook agar WNI di Berlin dan sekitarnya dapat menyaksikan proses penghitungan suara tanpa harus datang ke KBRI.

"Siaran langsung ini tampak cukup efektif. Tak hanya disaksikan oleh masyarakat yang ada di Berlin saja, masyarakat dari wilayah lain pun, termasuk di Indonesia, dapat memantau proses penghitungan ini," katanya. "Dari beberapa kali postingan siaran langsung, tercatat total tayang sebanyak 48.415, komentar 1263, dibagikan 378, dan suka 954."