BREAKINGNEWS.CO.ID – Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo kembali angkat bicara mengenai target Indonesia di ajang Asian Games XVIII/2018. Presiden Jokowi menegaskan jika skuad Merah Putih harus mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu masuk dalam 10 besar peraih medali emas terbanyak di pesta olahrga terbesar se-Asia tersebut. Ia menilai kalau target tersebut sangat realistis dan mampu dicapai para atlet, mengingat persiapaan yang telah dilakukan sudah sangat matang.

Setidaknya ada 15 cabang olahraga yang berpotensi mendulang emas untuk Indonesia di Asian Games 2018, antara lain panahan, bulutangkis, atletik, angkat besi, wushu, karate, sepeda, dayung, panjat dinding, paralayang, jetski, kanoe, menembak, taekwondo, dan bridge.

 

Sembilan hari lagi, Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang. Tim Indonesia terdiri atas 1.388 atlet dan official dari 40 cabang olahraga. Targetnya jelas: masuk 10 besar, dengan perolehan medali emas minimal 16. Dan kita sungguh-sungguh serius mempersiapkan diri. Persiapan para atlet menghadapi pesta olahraga bangsa-bangsa Asia ini sudah berlangsung lama, bahkan sudah bertahun-tahun, sampai hari ini. Sekarang pun, sebanyak 452 atlet dan official kita masih menjalani latihan dan uji coba di berbagai negara. Atlet wushu dan loncat indah berlatih di Cina, senam artistik di Qatar, senam ritmik di Bulgaria, judo di Jepang, sambo di Rusia, equestrian di Jerman, dan pemain bridge masih bertanding di Bulgaria dan Amerika Serikat. Mereka semua akan kembali ke Indonesia menjelang tampil bertanding di Asian Games 2018. Maka, dengan kerja keras, dengan berlatih dalam rentang waktu cukup panjang di dalam dan luar negeri, Insya Allah atlet-atlet kita akan tampil percaya diri dan menuai prestasi. Salam olahraga.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

"Sembilan hari lagi, Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang. Tim Indonesia terdiri atas 1.388 atlet dan official dari 40 cabang olahraga. Targetnya jelas, masuk 10 besar dengan perolehan medali emas minimal 16," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya.

"Dan kita sungguh-sungguh serius mempersiapkan diri. Dengan kerja keras dan berlatih dalam rentang waktu cukup panjang di dalam dan luar negeri, Insya Allah atlet-atlet kita akan tampil percaya diri dan menuai prestasi. Salam olahraga," lanjut Jokowi.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia menempati urutan ke-17 dalam daftar perolehan medali. Tim Tanah Air mendulang empat emas, yang terbagi dua dari bulutangkis (ganda putra dan putri), atletik nomor lompat jauh putri, serta wushu.

Kemudian, dalam Asian Games 2014 itu lima perak direbut dari bulutangkis (ganda campuran), karate perorangan putra, soft tenis tunggal putra, wushu, dan dua dari angkat besi. Adapun Indonesia mendulang dua perunggu yang masing-masing diraih dari cabang bulutangkis, rowing, dan sepak takraw, serta satu dari bowling, berkuda, soft tenis, angkat besi, dan wushu.