PADANG - Dalam kunjungan ke Sumatera Barat, Presiden Joko Widodo berencana akan merevitalisasi sebanyak 1.000 rumah gadang yang ada di Kabupaten Solok Selatan. Rencana tersebut menjadi prototype pembangunan rumah gadang yang ada di Sumbar bahkan seluruh Indonesia.

Adapun rencana tersebut bermula saat Jokowi mengingat kembali memori kenangannya saat masih muda ketika dirinya dan segerombolan anak muda yang ingin mendaki Gunung Kerinci melalui Solok Selatan. Ia pun menceritakan pengalamannya tersebut saat berpidato didepan hadirin saat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018. "Tahun 1983, ada anak muda naik bis selama tiga hari dari Jawa melalui Padang, Solok Selatan lalu menuju Gunung Kerinci," ujarnya, Jumat (9/2/2018).

Ia pun melanjutkan, saat melintasi Solok Selatan, anak muda tersebut sangat kagum dengan keindahan rumah gadang. "Dan anak muda tersebut adalah yang ada di depan Bapak Ibu semuanya saat ini," lanjutnya. "Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci, lewat Solok Selatan, ada rumah tradisi adat, yaitu rumah gadang, sangat indah sekali," sambungnya.

Kekagumannya tersebut akan keindahan rumah gadang masih terasa hingga saat ini, bahkan sampai ia menjadi orang nomor satu di Indonesia. Sebagai bentuk kekaguman tersebut, Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merevitalisasi rumah-rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan. "Sebagai bentuk kekaguman, saya mencanangkan merevitalisasi 1.000 rumah gadang Kabupaten Solok Selatan, provinsi Sumatera Barat. Tadi pagi saya sudah perintahkan Pak Menteri, tolong selesaikan tahun ini," ujarnya.