BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Pasar Cihaurgeulis , Bandung, Minggu (11/11/2018). Jokowi yang mengenakkan baju kaus lengan panjang itu langsung masuk ke dalam pasar ditemani oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil.

Selain itu, turut menemani Jokowi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir. Kehadiran Jokowi membuat suasana pasar menjadi heboh. "Ini ayam, saya mau," kata Jokowi ke pedagang.

Pedagang ayam langsung membungkus ayam yang ditunjuk Jokowi. Tak hanya ayam, Jokowi juga membeli sayuran seperti bayam dan ubi. Jokowi juga membeli tahu dan tempe. Salah seorang pedagang tahu dan tempe di pasar itu mengatakan harga barang jualannya relatif stabil. "Tempe ada yang Rp 4.000 ada yang Rp 5.000. Kalau tahu ada yang Rp 2.500 ada juga yang Rp 3.000. Harga relatif stabil," kata pedagang.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresiden Moeldoko mengatakan, blusukan Jokowi ke pasar-pasar ingin mengecek langsung apakah harganya benar-benar mahal. "Presiden ingin melihat kenyataanya, bener enggak sih isu di luar tentang harga-harga mahal, ternyata tidak, itu yang harus dibuktikan oleh beliau sendiri," ujar Moeldoko

Mantan Panglima TNI itu pun menegaskan tidak perlu mempertanyakan blusukan ke pasar yang sering dilakukan oleh Jokowi. "Jadi apa yang dipertanyakan, justru kalau enggak blusukan ya dipertanyakan," ucap Moeldoko.

Saat kunjungan kerja ke Tangerang beberapa waktu lalu, Jokowi blusukan ke Pasar Anyar dan berinteraksi secara langsung kepada para pedagang untuk menanyakan harga-harga."Harganya stabil, banyak yang turun, tapi ada 1-2 yang naik, biasa dalam sebuah harga di pasar fluktuatif seperti itu," ucap Jokowi.

Jokowi merinci, harga telur ayam saat ini mengalami penurunan dari Rp 30 ribu per kilo gram menjadi di kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu, beras ada yang harganya Rp 8 ribu maupun Rp 9 ribu.‎"Tempe harganya tadi Rp 5 ribu, bisa dipotong-potong itu jadi 15," kata Jokowi.