BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam proses penghitungan suara pemilihan umum 2019 yang berlangsung di Vatikan, pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden (Capres dan Cawapres) dengan nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin meraih kemenangan telak.

Jokowi-Amin unggul dengan perolehan 99 persen suara baik dari pemilihan langsung di tempat pemungutan suara (TPS) maupun melalui pos. Dari keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vatikan, Jokowi-Ma'ruf meraih total suara sebanyak1.171. Sementara pasangan calon Capres dan Cawapres dari nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya memperoleh suara sebanyak 12 saja. 

"Suara yang tidak sah sebanyak 45 suara. Penghitungan suara dilakukan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) dan KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) Vatikan yang beranggotakan 20 orang," ujar Pelaksana Fungsi Penerangan, Protokol dan Konsuler, Muhammad Ferdian dalam keterangannya. Dalam proses penghitungan yang dilakukan sejak pukul 11.00 waktu setempat, hadir para tokoh agama, khususnya rohaniwan/rohaniwati Katolik Indonesia yang bekerja atau studi di Vatikan.

Pada pemilu 2019 di Vatikan, jumlah pemilih melalui TPS sebanyak 738 orang dan Pos 490 orang. Rakyat Indonesia menggunakan hak suara padanya Pemilu 2019, Rabu (17/4). Salah satu cara paling cepat untuk mengetahui hasil Pemilu 2019 ini adalah melalui quick count atau hitung cepat. Akan tetapi hasil hitung cepat berasal dari survei dan bukan hasil perhitungan resmi. Jumlah suara resmi tetap menunggu perhitungan suara manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).