BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja dalam rangka menghadiri KTT ke-33 ASEAN di Singapura. Di sela kunjungannya Jokowi makan siang bersama putranya, Kaesang Pangarep dan sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Sebelum menghadiri KTT ke-33 ASEAN, Presiden terlebih dahulu menyambangi rumah makan khas Indonesia Bebek Goreng Pak Ndut di Lucky Plaza, Orchard Road, Singapura," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Selasa (13/11/2018).

Jokowi dan rombongan tiba di Orchard Road sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Sejumlah WNI di lokasi itu langsung menyambut Jokowi. Jokowi meladeni permintaan foto bareng warga yang memintanya. Setelah itu barulah Jokowi memasuki restoran yang berasal dari Indonesia. "Presiden memesan menu bebek goreng kremes, sayur asam, tahu, tempe, lengkap dengan sambal bawang dan sambal terasi," ujar Bey.

Rupanya Jokowi tak langsung menyantap makanan yang tersaji. Dia meminta ajudannya memanggil WNI yang melambaikan tangan. "Yang dadah-dadah suruh makan sini, kalau ada tempatnya," kata Jokowi seperti disampaikan Bey.

Sementara itu, Seorang tenaga kerja Indonesia di Singapura, Wiwi Sulandari tidak pernah menyangka jika dirinya diajak makan siang bersama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perempuan berusia 38 tahun asal Yogyakarta ini menjadi salah seorang yang beruntung bisa santap siang dengan Kepala Negara "Senang banget saya enggak menyangka, enggak mimpi apa-apa. Tadi enggak tahu, terus ada yang bilang Presiden RI datang. Terus saya naik susul ke atas ke lantai 1, saya lari ke restoran Indonesia. Harapan saya Indonesia di masa Pak Jokowi lebih maju lagi, lebih baik. Saya gemeteran ketemu Presiden," kata Wiwi.

Dalam santap siang ini, Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya, dan Kepala Protokol Negara Andri Hadi.

Rencananya, Pertemuan antara pimpinan negara ASEAN dan mitra yang akan dihadiri Presiden Jokowi, antara lain 21st Asean-Chinna Summit, 3rd Asean-Russia Summit, 21st Asean-Japan Summit dan 2nd Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Summit serta 13th East Asian Summit (EAS). Adapun, pertemuan bilateral yang akan dilangsungkan Presiden Jokowi, antara lain dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Chille Michelle Bachelet dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Sejumlah menteri yang turut mendampingi Presiden selama Asean Summit dan pertemuan bilateral, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong.