JAKARTA- Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Johnny G. Plate menilai pernyataan mantan Ketua MPR RI, Amien Rais yang menyebutkan dikotomi Partai Allah dan Partai Setan mempunyai hubungannya dengan Pilpres 2019 mendatang. 
 
"Pasti ada hubungan dengan Pilpres. Ini bagian dari, butir-butir untuk meningkatkan elektoral base. Cara-cara seperti itu mungkin dikurangi," ujar Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/4/2018). Johnny pun menyarankan supaya dalam pertarungan di Pilpres 2019 harus mengedepankan program guna mengatasi masalah bangsa.  
 
"Mungkin yang dikendepankan di pilpres bagaimana sandingkan program-program untuk mengatasi masalah bangsa. Sandingkan program program agar bisa berjalan lebih baik dan lebih akseleoratif untuk mencapai kehidupan bernegara," jelasnya. 
 
"Jangan justru untuk mandapatkan elektoral masyarakat diadu politik kita, diadu apalagi menyentuh hal-hal yang sebetulnya tidak dipersoalkan. Negara ini kan berbasis Pancasila dan sila pertama ketuhananan yang maha esa. Tidak ada kesetanan yang maha esa. Engga," tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, dalam sebuah ceramah di Jakarta, Amien mendikotomikan adanya partai setan dan partai Allah. Awalnya, dia mengajak semua pihak termasuk PAN, PKS, dan Gerindra bersama umat Islam berjuang bersama membela agama.

Kemudian, dia menyebutkan, sebaliknya ada pula partai besar yang bergabung dengan partai setan. Namum, saat dikonfirmasi partai mana yang dimaksud partai setan, dia enggan menjawab.