JAKARTA - Seorang penasihat Kepresidenan Amerika Serikat bidang Keamanan Nasional, John Bolton menuturkan skenario yang harus dilakukan oleh Korea Utara, terkait dengan rencana untuk melakukan denuklirisasi serta pelucutan senjata.

Salah satu skenario itu, jelas Bolton, akan turut melibatkan fasilitas pemrosesan denuklirisasi di Amerika Serikat.

"Pelaksanaan keputusan itu (denuklirisasi dan perlucutan) berarti menyingkirkan semua senjata nuklir, membongkarnya, dan membawanya ke (fasilitas AS) Oak Ridge, Tennessee," kata Bolton dalam wawancara dengan ABC This Week, Selasa (15/5/2018).

"Proses itu juga berarti menyingkirkan pengayaan uranium (enriched uranium) dan kemampuan memroses ulang plutonium, keduanya merupakan bahan baku untuk senjata nuklir termasuk perlucutan rudal balistik yang mereka punya," lanjut Bolton.

Lebih lanjut, politisi dari Partai Republik itu menuturkan bahwa keseluruhan proses denuklirisasi serta perlucutan senjata Korea Utara mungkin saja tidak akan tuntas dalam waktu singkat.

"Tetapi kami juga sangat tertarik untuk melaksankan komitmen tersebut secepat mungkin," kata Bolton mengomentari seputar proses denuklirisasi Korea Utara.