BREAKINGNEWS.CO.ID – Timnas U-19 Jepang mengalahkan Irak dengan skor 5-0 dalam laga terakhir Grup B Piala Asia U-19 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (25/10/2018), jelang laga melawan Timnas U-19 Indonesia.

Tiga hari jelang pertandingan lawan Timnas U-19 Indonesia, Jepang memperlihatkan performa impresif dalam pertandingan lawan Irak. Tim Samurai Biru Muda langsung tampil menekan dan dengan cepat menguasai bola. Dalam membangun serangan, Jepang banyak mengandalkan umpan terobosan dari tengah maupun sayap. Hal ini terbukti efektif dengan gol yang mereka cetak pada menit ke-11.

Penyerang Jepang, Takefusa Kubo lolos dari penjagaan lini kiri pertahanan Irak hingga masuk ke kotak penalti. Jebolan akademi Barcelona itu kemudian memberikan umpan mendatar yang sukses dilesakkan gelandang Yuta Taki ke gawang Irak yang dikawal oleh Haval Bahaalddin Hama. Enam belas menit kemudian, Jepang menggandakan keunggulan. Taki masuk melalui sisi kiri pertahanan Irak, lalu memberikan umpan mendatar ke Kyosuke Tagawa. Dengan tenang, Tagawa langsung memberikan tembakan mendatar ke gawang Haval Bahaalddin Hama.

Tim Samurai Biru kembali cetak gol ketiga pada menit ke-34. Menggunakan kaki kiri, Taichi Hara menembak dari luar kotak penalti ke arah kanan bawah gawang Hama. Irak sempat mengancam gawang Jepang pada penghujung babak pertama. Gelandang Moeamel Abdulridha Ogaili berhasil menusuk ke jantung pertahanan Samurai Biru. Akan tetapi, tendangan pemain bernomor punggung 11 itu sedikit melebar ke luar kanan gawang Kobayashi.

Babak pertama berakhir dengan skor 3-0 untuk Jepang. Sepanjang paruh pertama pertandingan tersebut, Irak bermain cukup keras. Terlebih ketika menjaga Kubo yang kerap kali memberikan ancaman di lini pertahanan Irak. Di babak kedua, Irak mencoba keluar dari dominasi permainan Jepang. Akan tetapi hal tersebut tidak berhasil. Serangan Irak semakin buntu untuk menembus lini pertahanan Jepang.

Pertandingan ini juga diwarnai insiden kecil. Ali Safaa Harbi mengerang kesakitan di tengah lapangan pada menit ke-64. Dia mengalami cedera bahu kanan karena salah jatuh dan bertubrukan dengan pemain Jepang. Pemain bernomor punggung 15 itu pun diganti Ahmed Sartip Omar. Di babak kedua, Jepang beberapa kali mendapatkan peluang cetak gol melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Sebagian besar tendangan skuad Samurai Biru memiliki akurasi yang baik. Ada tiga percobaan tembakan Jepang yang mengenai mistar gawang sejak awal pertandingan hingga menit ke-71.

Gol tambahan Jepang di babak kedua akhirnya tercipta pada menit ke-77 lewat sundulan Hara. Pemain bernomor punggung 13 ini menyempurnakan eksekusi sepak pojok dari Koki Saito yang masuk menggantikan Tagawa pada menit ke-75. Saito akhirnya mencetak gol penutup pada menit ke-85. Tendangan kerasnya tak mampu dihalau oleh Hama. Skor 5-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Jepang menang dengan predikat juara Grup B dan akan melawan Timnas U-19 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (28/10).

Susunan Pemain:

Timnas Jepang U-19: Keisuke Osako, Yuki Kobayashi, Ayumu Seko, Hirokazu Ishihara, Takuya Ogiwara, Kanya Fujimoto (Saito Mitsuki 64'), Yuta Taki, Kota Yamada, Takefusa Kubo (Yukinari Sugawara 60'), Kyosuke Tagawa (Koki Saito 75'), Taichi Hara.

Timnas Irak U-19: Haval Bahaalddin Hama, Mohammed Albaqer Ghuraibawi, Abbas Badeea Alfuraijat, Hasan Raed Matrook, Ali Safaa Harbi (Ahmad Sartip Omar 66'), Moamel Abdulridha Ogaili, Ali Mohsin Al-Attabi, Hasan Abdulkareem Sayyid (Hussein Hasan Al-Lami 46'), Abbas Jasim Al-Tameemi, Muntadher Abdulameer Alhasan, Wakaa Ramadhan Jumaah.