BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, lebih memilih untuk merekrut pemain muda berbasis Eropa dan mengabaikan sejumalah pemain yang tampil membela Jepang di Piala Dunia 2018 lalu untuk bertarung di Piala Asia 2019 mendatang.

Nama-nama seperti Ritsu Doan (Groningen), Shoya Nakajima (Portimonense), dan Takumi Minamino (Salzburg) mungkin masih asing bagi pencinta sepak bola di Indonesia. Akan tetapi, Moriyasu lebih suka memanggil mereka daripada pemain yang sudah punya nama seperti Shinji Kagawa. Tercatat, ada enam jebolan Piala Dunia 2018 yang tidak dibawa Moriyasu ke Piala Asia 2019.

Tidak hanya itu, dari 23 pemain yang dipanggil, hanya lima pemain yang berusia 30 tahun dan di atas 30 tahun. Moriyasu bahkan membawa dua pemain yang masih berusia 20 tahun untuk turnamen paling bergengsi di Asia ini. Moriyasu mengungkap alasannya menepikan veteran dan memilih pemain muda dikarenakan dirinya perlu dukungan dari pemain yang masih "segar".

"Tentu saja saya menginginkan dukungan dari pemain berpengalaman, dari mereka yang bermain di Piala Dunia, dan mereka yang mendominasi Timnas Jepang selama bertahun-tahun," kata Moriyasu, Jumat (14/12/2018). "Banyak dari pemain yang kami pilih saat ini hanya memiliki pengalaman terbatas. Saya memilih mereka dengan harapan mereka bisa mengambil alih kepemilikan dalam tim, membangun timnas, serta berjuang demi gelar juara," lanjut pelatih berusia 50 tahun itu.

Meskipun demikian, pelatih yang juga membesut Timnas U-23 Jepang dalam ajang Asian Games Agustus 2018 di Indonesia itu masih menyelipkan beberapa pemain berpengalaman, seperti Maya Yoshida (Southampton), Yuya Osako (Wender Bremen), dan Yuto Nagatomo (Galatasaray). Timnas Jepang merupakan pemegang gelar juara terbanyak di Piala Asia, yakni dengan menjadi kampiun pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011, akan tetapi gagal di Piala Asia edisi terakhir, 2015 lalu. Pada Piala Asia 2015 lalu, Australia berhasil merebut titel gelar juara setelah mengalahkan Timnas Korea Selatan (Korsel) di final dengan skor 2-1.

"Timnas Jepang tidak memenangi gelar pada edisi terakhir. Kami akan merebut kembali Piala Asia dan membawa kembali gelar tersebut," tegas Moriyasu. Tergabung di Grup F, Timnas Jepang akan memulai kampanye di Piala Asia 2019 dengan menantang Turkmenistan pada 9 Januari 2019 mendatang. Dua lawan lain yang harus dihadapi Tim Samurai Biru di penyisihan grup adalah Oman dan Uzbekistan.

Skuad Timnas Jepang untuk Piala Asia 2019

Masaaki Higashiguchi (Gamba Osaka), Shuichi Gonda (Sagan Tosu), Daniel Schmidt (Vegalta Sendai), Yuto Nagatomo (Galatasaray), Tomoaki Makino (Urawa Red Diamonds), Maya Yoshida (Southampton), Sho Sasaki (Sanfrecce Hiroshima), Hiroki Sakai (Marseille), Sei Muroya (FC Tokyo), Genta Miura (Gamba Osaka), Takehiro Tomiyasu (Sint-Truiden), Toshihiro Aoyama (Sanfrecce Hiroshima), Genki Haraguchi (Hannover96), Gaku Shibasaki (Getafe), Wataru Endo (Sint-Truiden), Junya Ito (Kashiwa Reysol), Shoya Nakajima (Portimonense), Takumi Minamino (Salzburg), Hidemasa Morita (Kawasaki Frontale), Ritsu Doan (FC Groningen), Yuya Osako (Werder Bremen), Takuma Asano (Hannover96), Koya Kitagawa (Shimizu S-Pulse).