CILEGON - Memasuki puncak mudik Lebaran 2018, Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo meninjau Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon. Brigjen Listyo meninjau pos keamanan dan pos pelayanan Mudik Lebaran 2018. Adapun peninjauan tersebut dilakukan mulai dari Jalur Lingkar Selatan (JLS), Terminal Terpadu Merak, Dermaga VI yang akan jadi pintu masuk pemudik roda dua hingga Dermaga V di lokasi paling ujung.

Ia mengatakan jika ada evaluasi yang dilakukan oleh pihaknya khusus di Dermaga VI. Pada mudik 2017 lalu, dermaga tersebut dikhususkan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. "Masalah motor tidak hanya diberikan pelayanan di Dermabga VI. Tapi, diberikan pelayanan di dermaga lain. Sehingga penumpukan tidak terlalu panjang dan kemacetan akan terpecah," ujar Listyo, Minggu (10/6/2018).

Adapun, evaluasi kedua menurutnya, karena ada beberapa perubahan termasuk bangunan di dermaga tersebut. Selain itu, dirinya pun meminta kepada pemudik untuk tidak menyalakan mesin kendaraannya saat melakukan antre di dalam kapal. "Ini perlu ada pengaturan sendiri. Dalam posisi seperti itu emosi masyarakat khususnya saat menunggu jadi perhatian kita," ujarnya.

Sebagai pintu masuk kendaraan roda dua ke pelabuhan, dari Dermaga VI menurut Listyo akan disalurkan ke 5 dermaga lain. Akan ada petugas kepolisian dan petugas dermaga yang akan mengawal motor begitu terjadi antrean.