BREAKINGNEWS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Jayapura bersiap untuk menggelar salah satu program Kemenpora di bawah payung Ayo Olahraga yakni Sepeda Nusantara yang mengambil tema Bangun Indonesia, Sabtu (28/7/2018). Hal tersebut diungkapkan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam acara koordinasi terakhir perhelatan Sepeda Nusantara etape Marthen Indey di Yougwa Pondok Wisata, yang dihadiri oleh Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora Alman Hudri, Kadispora Jayapura Hans Monim, serta jajaran panitia lainnya, Jumat (27/7/2018) malam.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengatakan untuk keamanan dan kenyamanan para peserta yang akan bersepeda sejauh 10 km dari depan Kantor Bupati hingga Pantai Khalkote, Bupati Mathius mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian.

"Saya sangat mengampresiasi pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora yang memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Jayapura untuk menyelenggarakan Sepeda Nusantara yang mengambil tema Bangun Indonesia pada tahun 2018 ini," ucap Bupati Mathius Awoitauw.

"Sejujurnya, dengan adanya kesempatan-kesempatan atau kegiatan-kegiatan seperti ini di Kabupaten Jayapura, akan terus memotivasi warga kami untuk terus berolahraga, bahkan kegiatan ini seiring dengan kegiatan Presiden Joko Widodo yang kerap membagikan sepeda di tiap kunjungan kerjanya, bukan lain agar masyarakatnya bugar," tambah Bupati Mathius Awoitauw.

Besarnya animo masyarakat Kabupaten Jayapura, Bupati Mathius menuturkan jika kegiatan Sepeda Nusantara etape Marthen Indey ini tdak akan kalah semaraknya seperti yang dilakukan oleh daerah lainnya seperti di Entikong, Palangkaraya maupun Ngawi.

"Kami meyakini jika ribuan orang akan ambil bagian dalam Sepeda Nusantara di Kabupaten Jayapura ini, karena antusiasme masyarakat untuk berolahraga, sekaligus menyongsong perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung beberapa saat lagi, semangat itu yang masyarakat Papua miliki," tambahnya.

Sementara itu, Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora Alman Hudri, sangat mengapresiasi kesungguhan para panitia pelaksana untuk menggelar Sepeda Nusantara etape Marthen Indey, di Kabupaten Jayapura ini.

"Melihat antusiasme dari bapak Bupati Mathius Awoitauw, kami sangat senang sekali, karfena beliau memang mengerti tentang makna olahraga, makanya ia banyak membina anak-anak muda di Jayapura, terlihat dari hasil yang dibinanya pun sudah terwujud ditingkat nasional bahkan internasional, sehingga tidak salah ketika pemerintah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Jayapura untuk melaksanakan even-even berskala nasional maupun internasional kedepannya," tutur Alman Hudri.

"Itu semua karena mengingat kepedulian Bupati Jayapura yang cukup baik untuk mendukung kegiatan olahraga, bahkan dirinya pun mengajak masyarakatnya untuk sama-sama berolahraga, hal tersebut merupakan poin paling penting dalam membudayakan olahraga ditengah masyarakat," pungkas Alman Hudri.

Di sisi lain, Kadispora Jayapura Hans Monim menuturkan jika perhelatan Sepeda Nusantara etape Marthen Indey ini akan mengambil start dari depan kantor Bupati di Gunung Merah menuju jalan raya Sentani Depapre, kemudian melewati Stadion Bas Youwe, lanjut menyusuri jalan Raya Sentani Abe menuju tempat finish di Pantai Khalkote, melalui kampung Harapan.

Namun untuk mengawali kegiatan Sepeda Nusantara etape Marthen Indey, Hans Monim mengatakan terlebih dulu dilakukan senam masal Ayo Olahraga yang sekaligus menjadi ajang pemanasan bagi para pegowes.