BREAKINGNEWS.CO.ID -  Beragam upaya terus dikembangkan masyarakat tanah air dalam meneguhkan status kain  batik sebagai warisan dunia. Mulai dari peringatan tahunan,jadi  busana resmi oleh   beragam instansi, baik pemerintah maupun swasta, hingga menjadi pakaian  seragam untuk anaka sekolah.

Maka dengan semangat yang sama pula, status sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Herritage of Humanity dari  UNESCO yang disandang sejak tahun 2009 itu terus diperkuat serta dilestarikan oleh Ikatan Pencinta Batik Nusantara atau IPBN.

Caranya?,  dengan menggelar  pemilihan Putra Putri Batik Nusantara, yang tahun ini sudah masuk penyelengaraan kesembilan. Seperti tahun-tahun terdahulu, lomba ini diharapkan menjadi sarana regenerasi efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya nusantara di kalangan generasi muda, selain ingin meningkatkan industri batik di Tanah Air.

Kegiatan ini juga mengkurasi corak batik yang ada, untuk kemudian dipatenkan. Pada akhirnya mampu menjadi produk kreatif yang benar-benar memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Selain oleh IPBN, acara yang mengusung tema ‘Mantra Dewata’, juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

DKI dan Jatim Juara

Pada perhelatan yang puncaknya berlangsung di Balairung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Sabtu (2/11) lalu, itu berhasil terpilih enam pasangan pemenang dari enam kategori lomba dari  14 provinsi.

Pemenang pertama Putra Batik Nusantara 2019 jatuh kepada Jawa Timur, Ma’arif dan Putri Batik Nusantara jatuh kepada Kiki Jatmiko Putri dari DKI Jakarta.

Pemenang kedua diberikan kepada Nikolas Wisnu Adhyatmoko perwakilan DKI Jakarta dan Karinka Bella Prasetya perwakilan Provinsi Bali. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Achmad Algan dan Fetri Dwi Amlika. Keduanya dari Provinsi Sumatera Selatan.

Juara Ketiga Putra Putri Batik Nusantara 2019, Achmad Algan dan Fetri Dwi Amlika. Keduanya dari Provinsi Sumatera Selatan.

Pemenang Favorit Putra Putri Batik Nusantara 2019 diberikan kepada Andre Saputra dari Malang – Blitar, Jawa Timur dan Diajeng Aulya dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pemenang Berbakat Putra Putri Batik Nusantara 2019 jatuh kepada Muhammad Alphardiyan dari Bogor, Jawa Barat dan Shania perwakilan DI Yogyakarta.

Pemenang Persahabatan Putra Putri Batik Nusantara 2019 jatuh  kepada I Dewa Putu Wahyu Krisna A. dari Provinsi Bali dan Kalista Iskandar perwakilan DKI Jakarta.

Pememang Berbakat diberikan kepada Muhammad Alphardiyan dari Bogor dan Shania dari Yogyakarta.

Para pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2019 meraih hadiah menarik berupa tunai masing-masing Rp 50 juta untuk pemenang pertama. Penghargaan lainnya berupa beasiswa dan kesempatan mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri.

Putra Putri Batik Nusantara juga bertugas untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dan dunia terkait pemahaman batik, melalui workshop membatik, pertunjukan edutainment, dan program lainnya yang telah dilakukan di Indonesia dan 20 negara lainnya selama 9 tahun terakhir. 

Pemenang kedua mendapat hadiah uang sebesar Rp 25 juta dan Rp 15 juta untuk pemenang ketiga. Sedangkan pasangan pemenang lainnya memperoleh hadiah uang, masing-masing Rp 10 juta.