BREAKINGNEWS.CO.ID - Meski jarang dikonsumsi, buah yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa. Labu kuning mungkin bukanlah makanan yang disukai oleh banyak orang. Namun ternyata dengan mengonsumsi labu kuning tersebut dapat memberikan dampak positif, terutama bagi kesehatan Anda.

Labu kuning juga mudah ditemukan dan bisa dikreasikan untuk membuat berbagai macam bahan makanan. Memiliki tekstur yang lembut, buah dengan warna kuning cerah ini identik dengan perayaan Halloween. Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa manfaat dari labu kuning:

1. Menyeimbangkan gula darah

Labu kuning dengan memiliki kandungan serat yang tinggi. Dr. Elizabeth Trattner, seorang ahli pengobatan China dan integratif mengatakan bahwa labu kuning juga merupakan pilihan yang baik untuk menjaga agar tekanan darah Anda tetap stabil. Satu porsi labu segar yang dimasak mengandung tiga gram serat, dan versi kaleng memiliki lebih dari tujuh gram. Dengan  menambahkannya ke dalam makanan Anda dapat membantu mencapai kebutuhan gizi harian Anda.

2. Baik bagi kesehatan mata

Sama seperti wortel dan ubi manis, labu kuning juga memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang dapat sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata Anda, ujar Dr. Trattner. Dan beta karoten dapat bermanfaat juga untuk bagian tubuh Anda yang lain. Menurut Dr. Trattner, pigmen merah-oranye dalam labu kuning juga meningkatkan kesehatan otak, kemampuan kognitif, dan paru-paru Anda.

3. Meningkatkan imunitas

"Biji labu kaya akan kandungan zinc,  yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Dr. Trattner. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam North American Journal of Medical Science, peneliti menemukan bahwa campuran flax seed dengan biji labu dapat meningkatkan anti inflamasi dan imunitas pada tikus, yang berdampak sama juga pada manusia.

4. Meringankan menstruasi

Menurut Dr. Trattner, biji labu ataupun biji-bijian lainnya seperti flax seed, biji wijen, biji bunga matahari, dan lainnya dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi gejala PMS. Selain itu, biji-bijian tersebut juga dapat memberikan dorongan pada hormon estrogen bagi wanita.