BREAKINGNEWS.CO.ID - Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, ikut mendoakan istri dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, yang dirawat di rumah sakit Singapura. Ani Yudhoyono dirawat karena menderita kanker darah.

Sebagai sesama pengidap kanker, Sutopo mendoakan sekaligus memberikan semangat kepada Ani Yudhoyono untuk ikhlas menerima ujian dari Tuhan. Sutopo diketahui menderita kanker paru stadium 4B sejak satu tahun lalu tetap bertahan hidup dengan menjalani serangkaian pengobatan. "Sengaja saya mengirimkan doa untuk kesembuhan Ibu Ani dari sakit kanker darah. Saat ini Beliau sedang dirawat di NUS Hospital Singapura," ujar Sutopo, dalam rilis yang diterima Breakingnews.co.id, Kamis (14/2/2019).

Doa Sutopo kepada Ani Yudhoyono juga diunggah di media sosial Instagram miliknya. Dalam video tersebut, Sutopo terlihat tengah menjalani perawatan atas kanker paru tersebut. Terlihat kabel infus di tangan kanannya. Rupanya Sutopo tengah menjalani kemoterapi yang kedelapan.

"Saya saat ini sedang menjalani kemoterapi kedelapan, saya memahami dan mengerti sakit kanker itu seperti apa menyakitkannya. Perlu kesabaran dan kekuatan menghadapi ujian yang berat ini. Yang penting Ibu Ani harus ikhlas dan semangat. Jangan putus asa dan menyerah," kata Sutopo. Meski sempat mengaku dirinya bukan siapa-siapa bagi Ani Yudhoyono, Sutopo tetap menyarankan agar Ani Yudhoyono semangat dan ikhlas menerima ujian sakit kanker darah. Dia menyarankan Ani Yudhoyono untuk tak berhenti berdoa.

"Sakit kanker berarti kualitas hidup harus lebih baik. Jaga pola makan. Hindari makanan yang disukai kanker. Hindari gula, kalau perlu tidak usah konsumsi lagi. Dan yang tak kalah penting tetaplah berpikir positif. Pikiran sangat mempengaruhi hati, sikap, batiniah dan kesehatan tubuh kita," kata Sutopo.

Semangati SBY

Tak lupa, Sutopo juga menyemangati SBY untuk tetap sabar merawat sang istri. Menurut Sutopo, keluarga adalah sandaran utama para penderita kanker yang berjuang untuk sembuh. "Ibu Ani, sakit kanker darah tanda Allah sayang sama Ibu. Allah sedang menguji kesabaran, kekuatan dan takwa kita agar kita senantiasa berdoa, meminta belas kasihan dan mengangkat sakit kita tanpa meninggalkan sakit yang lain," kata Sutopo.

Sebelumnya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pernyataan resmi terkait sakit yang diderita istrinya Ani Yudhoyono. SBY mengatakan, Ibu Ani mengalami kanker darah. "Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah," kata SBY dalam keterangan video.

Saat ini, Ibu Ani tengah mengalami perawatan di Rumah Sakit National Universtiy, Singapura, sejak 2 Februari 2019."Ibu Ani menjalani medical treatment di Singapura atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia," kata SBY. SBY mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan bantuan tim dokter kepresidenan dalam upaya perawatan Ibu Ani