BREAKINGNEWS.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi, menyambut dengan gembira kabar pendukung Persija Jakarta, Jakmania, yang melindungi pendukung Persib Bandung, Bobotoh di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Ketika itu sejumlah koordinator lapangan (korlap) Jakmania berhasil mengamankan Bobotoh yang menyusup masuk menyaksikan laga antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung dalam laga pekan kedelapan Liga 1 2019 di SUGBK, Rabu (10/7/2019) lalu. Padahal, Bobotoh sudah dilarang untuk tidak ke Jakarta demi alasan keamanan. Pengamanan tersebut berlangsung dengan tertib sehingga menimbulkan reaksi positif, termasuk dari Menpora RI.

"Alhamdulillah ini kabar menggembirakan kita semua, inisiatif yang sangat baik dari Jakmania. Memang sepak bola itu menyatukan kita sebagai anak bangsa yang berbeda-beda ini. Karenanya semua supporter wajib menjunjung kebersamaan, kerukunan, kemanusiaan diatas perbedaan ini," kata Imam, pada Jumat (12/7).

Senada dengan Menpora, Direktur Media Persatuan Sepak Bola Seluuh Indonesia (PSSI) Gatot Widakdo mengapresiasi aksi dari korlap Jakmania. "Keren, artinya begini. Rivalitas tetap ada, tidak apa. Akan tetapi, lakukan dengan positif dalam menyemangati tim," ucap Gatot.

"Berikan kedamaianlah supaya sepak bola ke depan bukan hanya tempat pertandingan tapi rekreasi. Mudah-mudahan jadi contoh yang baik," ucapnya melanjutkan. Sementara itu Ketua Harian Viking, Rudi Boseng bersyukur pertandingan Persija vs Persib berjalan lancar dan normal serta tidak ada bentrokan dalam stadion. Ia juga memuji panitia penyelenggara Persija yang melakukan pengamanan ekstra ketat.

"Padahal menurut saya, itu [Persija vs Persib] seperti pertandingan lain. Tapi saya acungkan jempol kepada teman-teman Persija dan Jakmania. Kami bekerja sama dengan pihak keamanan untuk tidak datang ke SUGBK, tapi ya ada saja Bobotoh yang penasaran untuk nonton," ujar Rudi. "Tapi alhamdulillah tidak ada kabar intimidasi sedikit pun, terima kasih sudah melindungi [Bobotoh]. Mudah-mudahan ini langkah baik untuk menjalin silahturahmi," ujarnya kembali.

Rudi pun mengatakan Bobotoh di Bandung sudah mulai berunding mengenai kedatangan Persija ke Bandung dalam pertandingan paruh kedua musim ini. Ia yakin pasti akan ada Jakmania yang datang ke Bandung. "Walau kami belum bisa menerima sepenuhnya, tapi kami dari hal kecil akan memperbaiki sedikit demi sedikit. Kalau ada yang nonton, akan kami lindungi," tutur dia.