BREAKINGNEWS.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berjanji kalau dirinya akan ikut andil guna menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia (Pildun) U-20 yang akan digelar di Indonesia tahun 2021 mendatang.

Zainudin berterima kasih kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sukses memuluskan langkah Indonesia sebagai tuan rumah turnamen sepak bola usia muda berskala internasional tersebut. Ia juga menunggu laporan resmi dari badan sepak bola Indonesia itu sebelum menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya menunggu dulu laporan resmi dari PSSI. Kedua akan menghadap Presiden untuk melaporkan hasil keputusan FIFA, baru setelah itu minta arahan dari Presiden terkait langkah apa yang harus dilakukan," kata Zainudin usai serah terima jabatan dengan pelaksana tugas Menpora Hanif Dhakiri di Wisma Kemenpora, Kamis (24/10/2019).

Pria asal Gorontalo itu juga menargetkan Timnas Indonesia harus bisa berbicara banyak di Piala Dunia U-20 2021. "Tentu persiapan-persiapan harus maksimal. Karena kita tuan rumah, harus sukses penyelenggaraan dan harus berprestasi. Timnas Indonesia U-20 juga harus dipersiapkan maksimal," ucap Zainudin menambahkan.

Terlepas dari isu Piala Dunia U-20 2021, Zainudin yang baru diangkat sebagai Menpora Kabinet Indonesia Maju belum bisa merinci program dalam waktu dekat. Ia meminta waktu untuk berkoordinasi dengan stakeholder, termasuk suporter Indonesia. Pada pidato serah terima jabatan, Zainudin juga menyindir soal perilaku suporter Indonesia. Ia berharap pendukung sepak bola bisa berkiblat ke Eropa daripada ke Amerika Selatan.

"Saya bermimpi kita bisa seperti Inggris, Italia, dan Spanyol. Semua orang bisa nonton dengan tertib dan damai. Saya juga pernah nonton sepak bola Amerika Latin, seperti Chile, masih banyak keributan. Saya harap kita tidak meniru yang tak baik," tutur politikus Partai Golkar tersebut.

Indonesia sukses menyingkirkan Peru dalam persaingan tuan rumah Piala Dunia U-20. Dengan demikian, ini menjadi kali kedua Indonesia tampil di Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, Garuda Muda pernah tampil di Piala Dunia U-20 1979. Sayang, Bambang Nurdiansyah dan kawan-kawan harus angkat koper lebih cepat pada fase awal di mana legenda Argentina Diego Maradona dinobatkan sebagai pemain terbaik.