BREAKINGNEWS.CO.ID - Ivan Kolev untuk pertama kali memimpin latihan Persija Jakarta Rabu (16/1/2019), di Lapangan AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Debutnya, menangani Persija untuk musim ini akan terjadi pada 23 Januari mendatang, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Persija akan menjamu Kepri Jaya 757, pada 32 besar Piala Indonesia.

Kolev menyadari tugasnya bersama Macan Kemayoran bukan persoalan mudah. Pasalnya, dia datang ke dalam klub yang mana, bersatus sebagai juara bertahan Liga 1 2018. Namun, bukan berarti, hal ini membuat Kolev merasa terbebani. Menurutnya, setiap klub memiliki historinya masing-masing.

"Saya setelah latihan pertama tidak bisa bicara untuk ini. Bagaimana taktikal, strategi, pola permainan, semua saya masih tidak bisa bicara. Saya mau lihat kualitas pemain, setelah itu kita bisa pilih semua itu. Buat saya seperi biasa, setiap klub bebannya tinggi sekali. Tim mau mencapai hasil yang bagus, Persija juga, saya juga, itu biasa buat saya," jawab Kolev.

Pada latihan perdana, Kolev langsung tancap gas. Ia ingin terus menjaga momentum Persija yang sudah melakukan persiapan sejak 7 Januari lalu. Ditambah lagi setelah lima hari menggelar latihan, Persija langsung bertolak ke Lampung untuk menggelar laga amal untuk korban Tsunami.

Selain itu, Persija pada musim ini akan berlaga di kompetisi Asia. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan akan tampil di kualifikasi Asian Champions League (ACL) 5 Februari nanti. Kami tahu bahwa ada game di AFC, level di sana cukup tinggi, artinya latihan kami juga harus baik, supaya kamimencapai level itu. kami harus siap untuk level itu. Apalagi pemain persija yang jadi juara, kualitasnya bagus sekali, artinya kami harus lihat kondisi mereka supaya mereka kalau kondisinya sama kaya kemarin saya yakin kamibisa menang setiap game,”tambahnya.

Kolev bukan nama asing di Persija. Ia pernah menukangi Persija selama dua musim, yakni pada tahun 1999 dan 2000. Dalam periode tersebut Kolev berhasil mempersembahkan gelar bagi tim Ibu Kota. Trofi itu didapat ketika Persija tampil di Brunei Invitation Cup 2000. Persija sukses mengalahkan wakil Hong Kong, Happy Valley di partai puncak dengan skor 4-3.

Tidak hanya itu, pelatih asal Bulgaria itu juga pernah dua kali menjadi nahkoda Timnas Indonesia, yakni pada 2002-2004 dan 2007-2008. Pria 61 tahun ini membawa Indonesia menjadi finalis Piala Tiger (AFF) 2002 serta meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2004.

Selain itu ia juga merupakan sosok yang mengorbitkan nama legenda hidup Persija, Bambang Pamungkas. Kala itu, Bambang Pamungkas baru menginjak usia 19 tahun saat Kolev masuk pertama kali di Persija.